visitaaponce.com

Ribuan Warga Berpakaian Adat Ramaikan Perayaan HUT RI di Istana Merdeka

Ribuan Warga Berpakaian Adat Ramaikan Perayaan HUT RI di Istana Merdeka
Tamu undangan berdatangan ke Istana Merdeka, Jakarta untuk menghadiri peringatan HUT RI ke-78, Kamis (17/8).(MEDCOM/KAUTSAR WIDYA PRABOWO)

RIBUAN orang berdatangan menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8). Mayoritas mengenaikan pakain adat. 

Mereka yang datang dengan surat undangan, mulai terlihat di Istana sejak pukul 07.00 WIB. Para undangan kemudian akan melewati beberapa pemeriksaan sebelum masuk ke kawasan Istana Merdeka.

Salah satu warga Jakarta, Ita, menuturkan sangat antusias untuk menyaksikan peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka. Sebab, tahun depan peringatan detik-detik proklamasi akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Mudah-mudahan acaranya meriah karena ini terakhir, tahun depan di IKN, kita turut memeriahkan," ujar Ita.

Untuk memeriahkan, Ita hadir mengenakan busana adat dayak, Kalimantan. Hal itu untuk mempromosikan wilayah Kalimantan yang akan menjadi IKN. 

Baca juga: Ini Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka

"Semoga negara kita lebih maju. Siapa pun nanti yang terpilih sebagai presiden," jelasnya. 

Selain itu, publik figur ikut hadir. Salah satunya aktor Gilang Dirga yang mengenakan busana adat Jawa Tengah. 

Baca juga: Bergaya Sambut HUT RI Sambil Lestarikan Budaya Pakaian Khas Indonesia

"Kita kan datang langsung ke sini ngeliat langsung upacaranya apalagi yang pengen gua liat itu kan adalah Paskibraka," terang Gilang.

Masyarakat memang diajak menghadiri perayaan HUT RI. Istana menyediakan kuota 16 ribu undangan untuk masyarakat. "Tahun ini, masyarakat yang hadir di istana untuk mengikuti upacara akan lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Selain itu, peringatan HUT RI tahun ini bakal dikemas lebih menarik. Masyarakat akan dihibur dengan berbagai pertunjukan. "Dan tentunya sangat menarik dan menghibur seluruh masyarakat," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat