visitaaponce.com

CCTV Analytic, Senjata Baru KAI Commuter untuk Tangkap Penjahat di KRL

CCTV Analytic, Senjata Baru KAI Commuter untuk Tangkap Penjahat di KRL
Ilustrasi di dalam KRL(MI)

KAI Commuter terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggunanya. Salah satu terobosan baru yang diluncurkan adalah CCTV Analytic.

CCTV Analytic merupakan inovasi yang ditujukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang. Sistem tersebut dapat merekam dan melacak wajah seluruh pengguna yang masuk ke stasiun. Selain itu, sistem tersebut juga bisa menganalisa hal lain seperti pakaian yang dikenakan atau barang bawaan lainnya.

Itu berfungsi untuk memudahkan petugas atau aparat keamanan untuk menangkap pelaku kriminal yang berada di dalam lingkungan stasiun KAI Commuter.

Baca juga: Terlampau Jauh dari Tarif KRL, LRT Sulit Tarik Minat Masyarakat

"Jika terdeteksi dan terdapat kecocokan wajah ataupun hal lainnya, sistem ini akan memberikan notifikasi saat terekam saat akan masuk ke stasiun," tutur VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Rabu (23/8).

KAI Commuter telah mengoperasikan sistem CCTV Analytic di stasiun-stasiun Commuter Line di wilayah Jabodetabek. Dengan fasilitas tersebut, KAI Commuter telah mengungkap kasus-kasus tindak kriminal yang dilaporkan para pengguna. Mulai dari pelaku maling sepeda di Stasiun Cisauk yang kemudian tertangkap di Stasiun Manggarai, pelaku pengambilan tas dan sepatu pengguna di musala stasiun pada November 2022 silam serta pelaku tindak asusila dan tindak kriminal lainnya," kata Anne.

Baca juga:

Untuk mencegah tindak kriminal di transportasi publik khususnya Commuter Line, KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap memperhatikan situasi disekitar mereka. Segera laporkan ke petugas jika melihat hal-hal yang mencurigakan, atau bisa juga segera menghububungi Contact Center 021-121.

Diharapkan dengan adanya sistem ini serta inovasi-inovasi dan usaha yang dilakukan KAI Commuter dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi dan dapat mencegah kejadian tindak kriminal di dalam Commuter Line maupun di area stasiun. KAI Commuter juga mengajak seluruh pengguna untuk selalu mendukung dalam usaha-usaha yang dilakukan dalam pencegahan tindakan kriminal. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat