visitaaponce.com

Baru 9 Titik Lokasi di Jakarta Terpasang Water Mist Generator

Baru 9 Titik Lokasi di Jakarta Terpasang Water Mist Generator
Gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta(MI/Susanto )

SATGAS Penanganan Pencemaran Udara DKI Jakarta tengah berusaha melakukan berbagai upaya untuk menangani polusi udara di Ibu Kota. Juru bicara Satgas Penanganan Pencemaran Udara DKI Ani Ruspitawati mengatakan salah satu upaya yang dilakukan di antaranya teknologi modifikasi cuaca (TMC) dengan metode penyemprotan uap air atau water mist.

Ani menjelaskan hingga saat ini water mist generator atau alat penyemprotan uap air telah terpasang di gedung Balaikota DKI Jakarta dan 5 gedung Walikota. Selain itu baru ada 3 gedung milik swasta yang telah terpasang water mist generator.

"Water mist ini kami pasang di beberapa kantor pemerintah antara lain di kantor wali kota dan akan telah menyusul ke beberapa kantor-kantor pemerintah juga akan menggunakan water mist," jelasnya kepada awak media di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (8/9).

Baca juga: KTT ASEAN Selesai, Indonesia Tempati 5 Besar Kualitas Udara Terburuk di Dunia

"Adapun Gedung swasta sampai saat ini yang telah memasang water mist adalah PT United Tractors, PT Pama Persada, PT SOHO Global Health," imbuhnya.

Dengan demikian, sejak diusulkannya penggunaan water mist generator yang merupakan alat pompa bertekanan tinggi buatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini, baru ada 9 titik lokasi di Kota Jakarta milik pemerintah maupun swasta.

Baca juga: 1,1 Juta Kendaraan di DKI sudah Uji Emisi

Oleh karena itu, Ani berharap pemilik gedung swasta maupun pemerintah daerah agar segera memasang water mist Generator untuk mengurangi dampak polusi udara.

"Sesuai arahan dengan bapak Pj Gubernur gedung-gedung tinggi lainnya segera melengkapi dengan water mist," jelasnya.

Sebelumnya, Heru mengatakan rencana tersebut merupakan arahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan penyemprotan uap air (water mist) dari atas gedung-gedung untuk mengurangi polusi udara di wilayah ibu kota negara RI itu.

Heru meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Purwanto menyiapkan konsep penyemprotan water mist tersebut.

"Berikutnya kita, Pak Asep juga sudah melakukan uji emisi, dan saya terus nanti secara bertahap meminta para industri terutama industri-industri tertentu untuk kita bersama-sama menurunkan polusi itu antara lain misalnya, kemarin Pak Asep sampaikan mungkin saran-saran dari bapak ibu sekalian gedung-gedung tinggi yang ada di kita Pemda DKI bersama-sama untuk melakukan istilahnya water mist kira-kira gitu ya," kata Heru dalam sambutannya di acara Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara Jakarta di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (28/8). (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat