visitaaponce.com

Seluruh Armada TransJakarta Ditargetkan Gunakan Bus Listrik pada 2030

Seluruh Armada TransJakarta Ditargetkan Gunakan Bus Listrik pada 2030
Bus listrik TransJakarta(Antara/Reno Esnir)

PT TransJakarta menargetkan pada 2030 semua bus armadanya sudah berbasis listrik. Hal itu sesuai Keputusan Gubernur Nomor 1053 Tahun 2021. 

“Tahun 2027 nanti 50 persen Bus TransJakarta sudah berbasis listrik. Tahun 2030, 100 persen listrik,” kata Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Daud Joseph, menjawab pertanyaan wartawan, Minggu (10/9).

Daud Joseph mengatakan, saat bersamaan pihaknya masih meninjau penerapan bus listrik selama satu setengah tahun pertama ini.

Baca juga : Heru Budi Menargetkan 400 Bus Transjakarta Bertenaga Listrik hingga Tahun 2025

“Saya yakin bahwa keputusan gubernur itu tergantung pada hasil penerapan kami beberapa tahun pertama. Mudah-mudahan berhasil. Dari satu tahun setengah pertama ini, penerapan kami relatif tidak ada masalah dan oke,” ujar David.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan sebanyak 400 unit armada Bus Transjakarta diganti menjadi kendaraan bertenaga listrik hingga 2025. 

Baca juga : Elektrifikasi Bus TransJakarta Dilakukan Bertahap

Langkah itu merupakan bagian dari peralihan kendaraan berbahan bakar minyak menjadi berenergi listrik untuk mengurangi polusi.

"Ya akan ditambah 300 unit sampai 400-an unit. Jadi itu setiap tahun bertambah," ujar Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, kepada wartawan, di Balai Kota DKI Jakarta, pada 7 September 2023.

Perlu diketahui, hingga Agustus 2023, PT TransJakarta telah mengoperasikan 52 unit bus listrik. Bus listrik tersebut melayani tiga rute meliputi Lebak Bulus-Universitas Indonesia (UI); Kampung Rambutan-Lebak Bulus; dan Pondok Labu-Blok M. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat