visitaaponce.com

Tilang Uji Emisi Kurang Efektif, Heru Budi Akan Cari Kebijakan Lebih Baik

Tilang Uji Emisi Kurang Efektif, Heru Budi Akan Cari Kebijakan Lebih Baik
Pelaksanaan uji emisi(MI/SUmaryanto Bronto)

PENJABAT Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tengah mencari kebijakan yang lebih efisien untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.

Pasalanya, sanksi tilang uji emisi untuk kendaraan bermotor dinilai tidak efektif oleh Satuan Tugas Pengendalian Polusi.

"Memang kalau tilang di lapangan perlu tenaga dan waktu ya. Kita cari yang efisien aja," ujarnya kepada awak media di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (11/9).

Baca juga : Polisi Sekarang hanya Tegur Pengendara yang tidak Lolos Uji Emisi

Ia mengatakan, pihaknya akan berdiskusi dengan Satgas dari Polda Metro Jaya yang menyebut razia dan tilang uji emisi tidak efektif.

Sebelumnya, Kasatgas Pengendalian Polusi Udara sekaligus Irwasda Polda Metro Jaya Kombes Nurcholis mengatakan, agi kendaraan yang kedapatan tidak lolos emisi, pengendaranya akan ditilang oleh polisi.

Baca juga : Satgas Pengendalian Polusi DKI Klaim Lebih dari 1 Juta Mobil Telah Diuji Emisi

Namun, kata Nurcholis, sekarang untuk ke depannya tidak akan diberi sanksi tilang kepada pengendara yang tidak lolos uji emisi.

"Iya, untuk ke depan tidak ditilang, tidak lulus," kata Nurcholis (11/9).

Nurcholis menyebut penilangan dihilangkan lantaran dinilai tidak efektif. Sehingga sekarang pemilik kendaraan yang tak lolos uji emisi cuma disarankan melakukan perawatan berkala terhadap kendaraannya.

"Ternyata penilangan tidak efektif, maka setelah ada Satgas, yang tidak lulus uji diimbau untuk diservis, dan kita berusaha komunikasi dengan dealer untuk membantu servis," sebutnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat