visitaaponce.com

Polisi Dalami Unsur Pidana Insiden Kebakaran Museum Nasional

Polisi Dalami Unsur Pidana Insiden Kebakaran Museum Nasional
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin.(Metro Tv)

POLISI menyatakan tengah mendalami adanya dugaan unsur pidana dalam insiden kebakaran yang terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat pada Sabtu (17/9).

"Pasti, kami pastikan proses hukum akan ditegakkan manakala ditemukan adanya potensi-potensi, hal-hal yang memang mengarah pada perbuatan pidana," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin di Museum Nasional, Jakarta Pusat (17/9).

Komarudin pun menerangkan bahwa saat ini proses penyelidikan insiden kebakaran Museum Nasional masih terus dilakukan.

Baca juga: Keamanan dan Konsistensi Pelestarian Benda Bersejarah Perlu Ditingkatkan

"Saat ini mereka yang masuk ke dalam untuk melihat, untuk menjaga jangan sampai orang-orang yang tidak paham seperti saya nanti salah injek barang ternyata itu malah barang itu kan (benda bersejarah)," sebutnya.

"Kita sangat sulit membedakan mana mana barang puing-puing reruntuhan, atau pin benda bersejarah kita enggak gak paham. Yang lebih paham beliau-beliau ini (tim dari pihak museum)," imbuhnya.

Baca juga: Polisi Kesulitan Evakuasi Benda Bersejarah Imbas Kebakaran Museum Nasional

Lebih lanjut, Komarudin pun menyebutkan bahwa pihaknya sampai saat ini masih belum dapat menyimpulkan penyebab pasti kebakaran yang melanda Museum Nasional.

"Dugaan belum, kita belum sampai pada dugaan. Tim masih bekerja untuk mencari, dugaan titik pertama penyebabnya nanti apakah korsleting, atau apa, ini masih sangat-sangat bias," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah yang berlokasi di Jl Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9) malam.

Dari data command center Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), laporan kebakaran masuk melalui telepon pada pukul 20.00 WIB.

Awalnya, sebanyak tujuh unit mobil pemadam dikerahkan. Penambahan unit mobil kebakaran diterjunkan sehingga saat ini terdapat 13 mobil pemadam dan 52 petugas pemadam kebakaran yang sudah berada di lokasi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat