visitaaponce.com

Kebakaran Museum Nasional, DPRD Pertanyakan Alat Deteksi yang Tidak Berfungsi

Kebakaran Museum Nasional, DPRD Pertanyakan Alat Deteksi yang Tidak Berfungsi
Kondisi Museum Nasional pascakebakaran.(MI/Moh Irfan)

SEKRETARIS Komisi A DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiantoro menanggapi soal kebakaran Museum Nasional di Jakarta Pusat yang terjadi Sabtu (16/9).

"Saya menanggapi kebakaran yang ada di museum gajah itu, sangat disayangkan sering terjadi di daerah daerah vital," ujarnya saat dihubungi awak media, Rabu (20/9).

Politisi PKS itu juga mempertanyakan alat deteksi kebakaran yang tidak berfungsi dengan baik. "Kenapa tidak baik, karena bisa saja tidak dilakukan sertifikasi dan melakukan pengaktifan yang harus dilakukan instansi instansi," jelasnya.

Baca juga : Polisi Teliti CCTV Museum Nasional Untuk Ketahui Sumber Kebakaran

Selain itu, dia menyarankan agar pengelola museum benar-benar memperhatikan penggunaan kabel untuk mengantisipasi kebakaran. Kemudian, petugas seharusnya rutin melakukan monitoring dengan mengecek alat pendeteksi kebakaran dalam gedung.

"Harus ada alat pemadam kebakaran baik itu gedung pemerintah maupun swasta dengan memastikan yang berfungsi dengan baik," katanya.

Baca juga : Waspadalah! 5 Kebakaran di Jakarta Terjadi Setiap Hari

Museum Nasional dalam kaitannya dengan warisan budaya adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Hingga saat ini koleksi yang dikelola berjumlah 140.000 benda, terdiri atas 7 jenis koleksi.

Kebakaran yang terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, diduga berasal dari 'korsleting" (arus pendek) listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat