visitaaponce.com

109 Gedung di Jakarta Pasang Water Mist Generator

109 Gedung di Jakarta Pasang Water Mist Generator
Pekerja menyemprotkan air menggunakan water mist generator di Kantor Walikota, Jakarta Pusat(Antara)

UNTUK menangani polusi udara di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta terus mendorong pengoperasian Water Mist Generator. Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara (PPU) Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati memaparkan progres penggunaan water mist untuk menurunkan tingkat polusi.

"Sampai dengan 29 September 2023, jumlah water mist yang terpasang sebanyak 125 unit yang berlokasi di 109 gedung, baik gedung pemerintah maupun swasta," kata Ani dalam keterangan resmi, Jumat (29/9).

Kemudian, sebanyak 28 unit water mist sedang berproses dan segera dioperasikan untuk memperkuat upaya memperbaiki kualitas udara.

Baca juga : KLHK akan Standarisasi Alat Ukur Kualitas Udara

Adapun rincian jumlah gedung dan water mist yang telah terpasang, yakni di Balai Kota DKI Jakarta terpasang sebanyak dua unit, Jakarta Pusat ada 17 gedung dengan total 17 unit terpasang, dan Jakarta Utara ada enam gedung dengan total tujuh unit terpasang.

Baca juga : PM tidak Bisa Jadi Satu-Satunya Indikator Pengukur Kualitas Udara

Kemudian, di Jakarta Barat ada 32 gedung dengan total 47 unit terpasang. Setelah itu, di Jakarta Selatan terpasang di 46 gedung dengan total 46 unit. Terakhir, di Jakarta Timur ada enam gedung dengan total enam unit terpasang.

Ani juga menjelaskan, terkait penyiraman jalan-jalan protokol oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta hingga 28 September 2023, telah dilakukan di 290 lokasi di seluruh wilayah Jakarta, dengan jumlah kendaraan yang digunakan sebanyak 287 mobil dan personel damkar yang dikerahkan sebanyak 1.128 orang.

"Penyiraman jalan-jalan ini dilakukan paralel hingga pemasangan water mist sudah dilakukan lebih luas," ungkapnya.

Dalam kampanye pelaksanaan uji emisi, lanjut Ani, hingga 29 September 2023 pukul 08.00 WIB, terdapat 1.104.609 kendaraan roda empat dan 117.644 kendaraan roda dua yang telah melakukan uji emisi. Untuk lokasi uji emisi telah tersedia di 333 bengkel bagi kendaraan roda empat dengan jumlah teknisi sebanyak 938 orang dan 108 bengkel bagi kendaraan roda dua dengan jumlah teknisi sebanyak 189 orang yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.

"Polda Metro Jaya juga terus bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan PT Astra Internasional telah melaksanakan uji emisi gratis dalam rangka Operasi Zebra Jaya 2023 yang bertempat di Komplek Gelora Bung Karno, Rabu (27/9) lalu. Uji emisi menjadi sasaran tambahan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2023 oleh Polda Metro Jaya," ungkap Ani. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat