visitaaponce.com

500 Orang di DKI akan Mendapat Vaksinasi Cacar Monyet

500 Orang di DKI akan Mendapat Vaksinasi Cacar Monyet
Ilustrasi vaksin cacar monyet atau monkeypox (Mpox).(Freepik)

KEPALA Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus cacar monyet atau Monkeypox (Mpox), akan dilakukan vaksinasi terhadap 500 orang di DKI Jakarta.

"Vaksinasi mulai dilakukan untuk 500 orang kelompok berisiko di Jakarta selama seminggu ke depan. Diberikan 1 orang 2 dosis, selang 4 minggu karena saat ini stok vaksin Mpox di Indonesia ada 1.000 dosis untuk 500 orang," kata Ngabila, Sabtu (21/10).

Selain itu sosialisasi dan edukasi masif juga dilakukan dengan cara pola hidup bersih dan sehat pakai masker, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, kemudian hindari kontak kulit dan luka. Berhubungan seksual yang aman, sehat, bersih, serta hindari hubungan seksual jika sedang sakit atau bergejala.

Baca juga: Kemenkes Masih Lakukan Surveilans Kasus Cacar Monyet di Jakarta

"Setiap kontak erat dipantau gejalanya setiap hari oleh Puskesmas kecamatan, jika bergejala dilakukan pemeriksaan lab," ujarnya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan DKI Jakarta deteksi dini dilakukan dan segera untuk diobati. Merespon penemuan kasus aktif sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) peningkatan kewaspadaan cacar monyet dan pedoman Mpox.

Baca juga: Kasus Ke-3 Cacar Monyet Ditemukan, Semuanya di Jakarta

Saat ini dilaporkan 3 kasus positif cacar monyet di DKI Jakarta.

"Penemuan kasus aktif tidak hanya pada kontak erat kasus tapi juga suspek yang bergejala yang datang ke fasilitas kesehatan segera diperiksakan PCR jika memenuhi kriteria suspek atau terduga," ujar Ngabila.

Jika positif, maka segera dilakukan PCR dan pemeriksaan lanjutan whole genome sequencing. Tingkat kematian (case fatality rate/CFR) sekitar 1 persen dari 100 kasus positif bisa 1 meninggal mayoritas karena infeksi sekunder dan kondisi imunitas rendah pada kelompok berisiko antara lain ibu hamil, ibu menyusui, anak, hingga lansia.

 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat