visitaaponce.com

Kasus Ke-3 Cacar Monyet Ditemukan, Semuanya di Jakarta

Kasus Ke-3 Cacar Monyet Ditemukan, Semuanya di Jakarta
Ilustrasi gajala kulit memerah akibat penyakit cacar monyet atau monkeypox.(Freepik)

KEMENTERIAN Kesehatan kembali menemukan 1 kasus cacar monyet (monkey pox). Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, dengan deteksi tersebut, saat ini kasus cacar monyet menjadi tiga pasien. Seluruh pasien berada di Jakarta.

"Tambah 1 kasus positif 'monkeypox' baru terdiagnosis kemarin 19 Oktober. Jadi yang sudah ada terdeteksi 1 kasus di Agustus 2022, 1 kasus 12 Oktober 2023, dan 1 kasus 19 Oktober 2023. Semuanya ditemukan di Jakarta," kata Ngabila lewat pesan singkat, Jumat (20/10).

Pada kasus kedua yang ditemukan pada Agustus 12 Oktober lalu, Ngabila mengatakan pasien tidak memiliki riwayat perjalanan keluar negeri. Sementara pada kasus yang ditemukan di 2022 merupakan 'import case' karena pasien memiliki riwayat perjalanan keluar negeri.

Baca juga: Aktivitas Seksual Bisa Tularkan Cacar Monyet

Gejala yang dikeluhkan pasien cacar monyet antara lain demam dan lenting isi air serta luka basah di beberapa bagian tubuh dimulai dari kemaluan dan menyebar ke seluruh tubuh.

"Gejala khas monkeypox juga ditemukan pada pasien yaitu pembesaran kelenjar getah bening di lipat paha," tuturnya.

Baca juga: Satu Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta

Sementara itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Pemprov DKI melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penularan penyakit cacar monyet. Upaya tersebut antara lain dengan melakukan penelusuran kontak erat pasien dan isolasi serta perawatan kepada pasien yang positif terpapar cacar monyet.

Pasien dideteksi dini cepat dengan PCR dan langsung dilakukan isolasi di salah satu RS di Jakarta sampai sembuh. Butuh waktu 2-4 minggu rata-rata 3 minggu untuk sembuh. Definisi sembuh jika semua luka sudah kering sempurna dan muncul kulit baru.

"Pertama kan pasiennya sudah diisolasi. Kita tanya kontaknya 24 jam ini dengan siapa. Kita cari. Ini sudah dicari, sudah dapat, sudah ada. Sedang dites kesehatan. Mudah-mudahan bisa kita lokalisir," ujarnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat