visitaaponce.com

Momentum Libur Akhir Tahun, PKS Dorong Formula E Diadakan Akhir 2024

Momentum Libur Akhir Tahun, PKS Dorong Formula E Diadakan Akhir 2024
Pembalap Tag Heuer Porsche Formula E Team Pascal Wehrlein melaju dalam balapan Formula E 2023 Jakarta.(Antara)

ANGGOTA Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Ismail, mengusulkan agar balap mobil bertenaga listrik internasional Formula E bisa tetap diadakan di Jakarta tahun 2024. Ismail mengungkapkan, dapat dipahami Formula E tidak memungkinkan digelar di pertengahan tahun seperti pada dua gelaran sebelumnya, karena pesta politik Pemilu 2024. Karena itu, ia mengusulkan Formula E digelar pada akhir tahun 2024.

Namun, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bisa mengusulkan kepada FIA dan Formula E Operations (FEO) agar Formula E bisa diadakan di akhir 2024. Hal ini sekaligus menangkap peluang lebih banyak penonton karena bertepatan dengan libur akhir tahun.

Baca juga: Jakpro Komunikasikan Perubahan Jadwal Formula E dengan FEO

"Misalkan di tahun yang sama 2024 tapi di penghujung tahun ya dan itu kan setelah selesai semua hajatan politik. Di situ juga adalah masa masa liburan, itu sebenarnya potensi untuk peningkatan apa namanya, sejumlah pengunjung," ungkap Ismail di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (24/10).

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta itu mendorong agar Jakpro bisa menuntaskan kontrak penyelenggaraan Formula E dengan FIA beserta FEO. Sebab, pada 2019 dan 2020 lalu, Pemprov DKI melalui Jakpro telah menggelontorkan dana APBD Rp560 miliar sebagai jaminan komitmen dapat menyelenggarakan Formula E selama tiga musim yakni 2022-2024.

Baca juga: Masuk Tahun Politik, Ajang Formula E 2024 Resmi Batal

"Intinya gini kita mendukung untuk itu dituntaskan sesuai dengan kontrak bahwa kemudian ada pergeseran jadwal," tuturnya.

Jakpro pun diharap bisa menegosiasikan kembali dengan FIA dan FEO terkait kontrak kesepakatan yang telah disepakati pada 2019 lalu.

"Ya itu kembali kepada putusan awal waktu ditetapkan. Ya, saya kan nggak kenal persis waktu itu rekomendasinya seperti apa dan hitung-hitungannya bagaimana gitu. Kan mesti merujuk pada dokumen saat itu diputuskan," ujarnya.

Sebelumnya, dalam situs resminya, FIA tidak menampilkan Jakarta dalam daftar kota-kota tuan rumah penyelenggara Formula E di 2024. FIA beralasan Formula E yang semula dijadwalkan digelar di Jakarta pada 8 Juni 2024 tidak dapat dilaksanakan karena alasan keamanan. Sebab, tahun depan Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat