visitaaponce.com

Masuk Tahun Politik, Ajang Formula E 2024 Resmi Batal

Masuk Tahun Politik, Ajang Formula E 2024 Resmi Batal
Sejumlah pembalap melaju dalam balapan Formula E 2023(MI / Agung WIbowo)

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan, pagelaran penyelenggaraan Formula E 2024 di Jakarta terpaksa dibatalkan. Sebab, 2024 tahun politik dalam negeri khususnya di Ibu Kota lalu diundur dengan pertimbangan situasi politik di Jakarta relatif memanas.

Menurut dia, ajang balap mobil listrik yang sudah dijadwalkan pada 8 Juni 2024 itu terpaksa dibatalkan, karena bertabrakan dengan agenda Pemilu 2024.

Pihaknya pun menyerahkan masalah ini kepada BUMD, PT Jakarta Propertindo (Jakpro). "Saya minta Jakpro bisa mengomentari ini, kan B2B (Business to Business). (Batal) Karena situasi politik (pemilu) ya," ujar Heru Budi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (23/10).

Baca juga : Jakarta Dicoret dari Tuan Rumah Formula E Tahun Depan, Ini Tanggapan Sekda DKI

Heru menegaskan, pihaknya tidak ikut campur dalam urusan penyelenggaraan ataupun lobi-melobi terkait pelaksanaan Formula E 2024. Tapi dia meminta PT Jakpro memutuskan untuk tetap menyelenggarakan ajang balapan tersebut dengan mencari tanggal alternatif, atau ditiadakan.

Baca juga : Jakarta Absen Jadi Tuan Rumah Formula E 2024 karena Bentrok Kampanye Pemilu

"Saya enggak. Cuman Jakpro aja silahkan B2B. Apakah mundur menguntungkan, atau cari tanggal yang pas saya serahkan ke Jakpro," kata Heru Budi. Diberitakan sebelumnya, Federation Internationale de l'Automobile (FIA) mengumumkan bahwa ajang balap mobil listrik atau Formula E 2024 batal digelar di DKI Jakarta. Dalam keterangan resminya, DKI Jakarta dicoret dari dalam daftar kalender balapan musim ke-10 Formula E, karena jadwal balapan yang bersamaan dengan agenda kampanye Pemilu 2024.

"Acara yang direncanakan di Jakarta pada Sabtu, 8 Juni tidak akan dilaksanakan setelah diumumkan masa kampanye dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia sepanjang Juni," kata Heru Budi.

Terkait laporan keuangan Jakpro tentang rencana biaya penyelenggaraan Keuangan Formula E 2023, katanya sedang diaudit FIA. Di khawatirkan pesta demokrasi yang berlangsung di Indonesia pada 2024, berdampak pada proses pengiriman logistik untuk keperluan balapan.

Atas dasar itulah, FIA menyebut bakal membahas lebih lanjut mengenai kelayakan pelaksanaan Formula E di Jakarta dengan mencari tanggal alternatif.

"Hal ini akan berdampak pada pengiriman logistik balapan di jalanan Ibu Kota berlangsung secara bersamaan. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota itu pada tanggal alternatif," kata FIA dalam keterangan resminya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat