visitaaponce.com

BMKG Hujan Lebat dan Banjir Rob Landa Jakarta di Akhir November

BMKG: Hujan Lebat dan Banjir Rob Landa Jakarta di Akhir November
Ilustrasi(Antara)

KOORDINATOR Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan dari data prediksi cuaca terbaru, diperkirakan pada akhir November akan terjadi hujan lebat di Jakarta yang berbarengan terjadi dengan pasang air laut atau rob di pantai utara Jakarta.

Menurut analisis BMKG, pada akhir November sekitar 28 November sampai 4 Desember itu kemungkinan akan terjadi hujan lebat. Nah, di saat yang bersamaan di kalender prediksi ketinggian air laut milik Pushidrosal TNI AL, terjadi ketinggian air laut hingga poin 1,2. 

"Ini saya kira akan jadi saat yang tepat untuk melakukan kerja bakti massal," ujar Miming dalam diskusi virtual Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sebagaimana dilihat Media Indonesia, Kamis (16/11).

Baca juga : Sebagian Wilayah Jawa Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Oseanografi dan Meteorologi Pushidrosal Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Nawanto Budi Sukoco menyampaikan fenomena terjadinya gelombang pasang air laut adalah fenomena berulang yang rutin terjadi.

Untuk itu, hal tersebut patut diwaspadai di kawasan yang memiliki ketinggian permukaan tanah di bawah permukaan air laut seperti Jakarta.

"40% wilayah Jakarta sudah berada di bawah permukaan air laut. Maka dari itulah dibangun tanggul laut. Naiknya permukaan air laut yang membuat dataran menjadi lebih rendah juga disebabkan beberapa hal seperti intrusi air laut dan pengggunaan air tanah berlebihan," kata Nawanto.

Baca juga : Jakarta Selatan Berpotensi Diguyur Hujan Sore Ini

Pihaknya mengukur ketinggian air laut tertinggi yang pernah terjadi di Jakarta ada pada poin 1,2 atau 120 cm. Dari kalender prediksi ketinggian gelombang air laut yang dimiliki Pushidrosal TNI AL menggambarkan banjir rob rawan terjadi pada dini hari hingga siang hari.

"Kami akan mempublikasikan kalender ini. Semoga dari Pemprov DKI juga dapat menyosialisasikan soal potensi banjir rob kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengantisipasi," tandasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat