visitaaponce.com

1.000 Penyandang Disabilitas Jalan Santai saat Car Free Day

1.000 Penyandang Disabilitas Jalan Santai saat Car Free Day
Lebih dari 1.000 sahabat difabel menikmati jalan santai dikawal ratusan orang berompi kuning saat Car Free Day hari ini.(Dokpri.)

BILA rajin menyambangi Car Free Day setiap Minggu di jalur Thamrin Sudirman, Anda akan bertemu dengan puluhan ribu orang yang berolahraga di jalan utama sampai dengan pukul 11.00 WIB. Di antara mereka yang lalu lalang berlari, bersepeda, maupun hanya berjalan kaki dengan keluarga dan teman, Anda dapat menemui beberapa orang difabel berdiri di tepi jalan menyanyi dengan speaker portable maupun bermain musik menghibur para pengunjung Car Free Day. 

Pada Minggu 19 November 2023, ada pemandangan yang tidak biasa. Terlihat lebih dari 1.000 sahabat difabel, baik yang tunanetra, tunawicara, tunadaksa, maupun tuna rungu, yang sedang menikmati jalan santai dikawal ratusan orang berompi kuning di tengah ribuan orang di jalur yang sama. Ya, mereka diajak merayakan 54 tahun Perkumpulan Lions Indonesia dengan jalan santai dan dihibur dengan berbagai atraksi panggung hingga penyerahan doorprizes serta bingkisan. Acara jalan santai diawali pukul 07.00 di Grand Sahid Jaya Hotel dengan fasilitas yang dinilai ramah bagi para difabel. 

Acara itu dimulai dengan pelepasan bendera kepada peserta oleh Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin. Hadir pula mantan Ibu Negara Sinta Nuriyah Wahid yang akan memberikan motivasi dengan menyatakan bahwa para difabel tetap berhak menikmati kehidupan layaknya manusia lain seperti bekerja, belajar, dan bermasyarakat. "Lions Club telah memberikan perhatian besar bagi kelompok difabel dengan komitmennya memberikan pembekalan dan pendampingan secara berkelanjutan," ujar Sinta Nuriyah.

Baca juga: Antisipasi Musim Hujan, Pemprov DKI Libatkan Warga dan ASN Kerja Bakti

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan Gubernur Ferry Yonawan Foeh menyatakan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai komitmen Lions Club yang terus melayani tanpa batas, sebagai tagline HUT Perkumpulan Lions Indonesia ke-54, dengan memberikan kesempatan memperbaiki kualitas hidup layaknya manusia. Komitmen Lions Indonesia tidak dilakukan hanya pada saat terjadi bencana, tetapi selalu diupayakan untuk terus berkelanjutan sampai pada taraf mandiri. 

Hal itu tampak dari beberapa mata acara yang justru diisi oleh para difabel, seperti atraksi para tunanetra melalui marching band, 49 persembahan angklung serta tarian dari kelompok down syndrome yang merupakan binaan anggota Lions. Menurut Ketua Panitia Perayaan Hari Lions Indonesia ke-54 Hendri K. Siaril, ratusan anggotanya terlibat dalam memobilisasi seribu difabel yang berasal dari berbagai wilayah Jabotabek dan komunitas yang selama ini menjadi mitra Lions Club. Masih banyak orang baik yang ternyata terus memberikan dukungan melalui para anggota Lions yang bergabung di berbagai klub dalam naungan Perkumpulan Lions Indonesia.

Baca juga: Hujan Angin, Menara Masjid Setinggi 20 Meter Ambruk

Pemerintah Daerah DKI Jakarta turut memberikan bantuan dengan meminjamkan 10 bus sekolah gratis untuk antar jemput sebagian peserta jalan santai ini dari berbagai titik kumpul sejak pukul 05.00. Semoga ke depan, Pemda DKI Jakarta bisa menyediakan bus sekolah yang mengakomodasi para pelajar difabel. 

Gubernur Distrik 307 A1 Peter C, Djajadi dan Gubernur Distrik 307 B1 Titin Lusiana juga menyampaikan bahwa acara serupa diadakan di Batam. Kegiatan baksos serentak di hari yang sama dengan menyelenggarakan donor darah, tes gula darah sewaktu, pemberian kaca mata gratis, pembagian Eco Enzyme, dan paket sembako kepada para pendonor. Sedangkan di Distrik 307 A2 akan diadakan perayaan Hari Lions Indonesia di Medan pada 3 Desember 2023. Acara hari ini ditutup Flash Mob Maumere yang dipimpin para sahabat difabel. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat