visitaaponce.com

Tingkatkan Pengawasan OPD, Pemkab Tangerang Gelar Rakorwasda 2023

DALAM rangka meningkatkan pengawasan kinerja di setiap organisasi perangkat daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten Tangerang, menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) inspektorat Kabupaten Tangerang, selaku aparat pengawas internal pemerintah (APIP).

Rakorwasda yang dilaksanakan di ICE BSD, Jalan Grand Boulevard, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang pada Selasa (5/12) itu, sebagai penguatan peran APIP dalam pelaksanaan pengawasan untuk mewujudkan Good Governance.

"Pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang pada tahun 2023 sudah baik. Karenanya kami harapkan pada 2024 nanti harus lebih baik lagi," kata Pj Bupati Tangerang, Andy Oni dalam sambutannya.

Baca juga: RSUD Kabupaten Tangerang Sediakan Layanan Konsultasi Jiwa untuk Caleg Gagal

Untuk itu, lanjut Oni, Rakorwasda dilaksanakan, karena keberadaanya sangat mendukung sinergitas pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi arah kebijakan pengawasan tahun 2024 di daerah.

Khususnya, tambah dia, dalam upaya penyusunan peta pengawasan yang harus dilaksanakan oleh 
Inspektorat Kabupaten Tangerang, sebagai aparat pengawas internal pemerintah (APIP) di daerah dan merupakan garda terdepan dalam melakukan pengawasan.

Arah kebijakan pengawasannyapun, sambung Oni, merupakan suatu upaya konkrit dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan dan 
pemerintah daerah. 

Baca juga: HUT Kab Tangerang, LPKR dan Pemkab Tangerang Gelar Penjualan Beras Premium dengan Harga Terjangkau

Karenanya, kata dia, melalui  kegiatan Rakorwasda tersebut diharapkan peningkatan kinerja pengawasan di Kabupaten Tangerang pada tahun 2024 nanti semakin baik.

Senadapula dengan Kepala Inspektorat Kabupaten Tangerang,Titi wartini. Ia mengatakan hasil kinerja atau pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tangerang pada 2023 cukup baik, sehingga mendapat penghargaan atau sertifikat dari internasional organisasi for standardization (ISO), di bidang anti suap.

Karenanya, imbuh dia, Pj Bupati berharap, pelaksanaan pembangunan atau pemerintahan pada 2024 nanti harus benar-benar lebih baik. "Pj Bupati berharap, siapapun nanti yang menjabat sebagai bupati, kinerja maupun pembangunan di Kabupaten Tangerang lebih baik dan bebas dari korupsi," tanda dia.

Adapun kegiatan Rakerkesda yang bertema "Penguatan Peran APIP Dalam Pelaksanaan Pengawasan Untuk Mewujudkan Governance" tersebut dihadiri oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), Unsur BUMD, Camat dan lurah se Kabupaten Tangerang. (SM/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat