visitaaponce.com

RSUD Kabupaten Tangerang Sediakan Layanan Konsultasi Jiwa untuk Caleg Gagal

RSUD Kabupaten Tangerang Sediakan Layanan Konsultasi Jiwa untuk Caleg Gagal
RSUD Kabupaten Tangerang(RSUD Kabupaten Tangerang)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Banten, menyiapkan layanan konsultasi psikologi bagi para calon anggota legislatif (caleg) yang gagal pada Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Humas Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani, mengatakan pihaknya menyiapkan fasilitas tersebut guna membentengi mental psikologis para caleg yang gagal dari depresi.

"Kondisi ini dipersiapkan karena kami berkaca dari pengalaman. Pada setiap proses pemilihan legislatif kerap kali ditemui kasus caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal dalam pesta demokrasi," ujar Hilwani di Tangerang, Banten, Kamis (16/11).

Baca juga: Darurat Kesehatan Jiwa untuk Anak dan Remaja Jadi Sorotan

RSUD Tangerang menyiapkan dua dokter spesialis kejiwaan yang dilengkapi dengan ruang rawat inap. Adapun, untuk proses pemeriksaan sama seperti prosedur pada umumnya.

"Ada dua dokter yang bersiaga di klinik jiwa. Nantinya, bila para caleg yang mengalami gangguan kejiwaan, mereka bisa langsung mendatangi klinik tersebut," tuturnya.

Baca juga: Gangguan Kesehatan Jiwa Beri Dampak Buruk bagi Perekonomian Nasional

Sementara itu, Humas RSUD Balaraja, Aang, mengatakan pihaknya menerapkan langkah serupa. Hanya saja, pihaknya tidak menyiapkan ruang rawat inap khusus pasien dengan gangguan
jiwa.

"Dokter spesialis jiwa ada satu, tapi kita tidak menyiapkan ruang rawat inap. Jadi apabila ada pasien gangguan jiwa, teknisnya berobat jalan saja," kata dia. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat