visitaaponce.com

Kasus Covid-19 Masih Terkendali, Dinkes DKI Tak Perlu Pembatasan Aktivitas

Kasus Covid-19 Masih Terkendali, Dinkes DKI: Tak Perlu Pembatasan Aktivitas
Warga beraktivitas di arena car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta.(MI)

DINAS Kesehatan DKI Jakarta menyebut tidak perlu ada pembatasan aktivitas masyarakat meskipun saat ini terjadi kenaikan kasus covid-19. Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, covid-19 di Indonesia telah menjadi endemi.

"Artinya tanggung jawab utama kesehatan ada pada diri masing-masing masyarakat. Pemerintah menghimbau, menyediakan. Sejauh ini belum dibutuhkan pembatasan aktivitas," ungkap Ngabila, Kamis (7/12).

Meskipun demikian, pemerintah menegaskan tak berhenti untuk mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura Bisa jadi Ancaman bagi Indonesia

"Pemerintah juga tetap menyediakan imunisasi rutin pada anak secara gratis serta mengimbau agar masyarakat melengkapi vaksinasi covid-19," ujarnya.

Terlebih lagi kepada kelompok rentan yang belum melengkapi vaksinasi covid-19. Ngabila mengingatkan bahwa kelompok tersebut berpotensi besar mengalami perburukan gejala yang lebih tinggi dari pada kelompok lain.

"Mereka adalah orang-orang yang harus dipastikan vaksinasinya lengkap. Semua merk vaksin aman, sehat, bermanfaat, berkualitas," tandasnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Masyarakat Diminta Disiplin Prokes

Layanan antigen dan PCR gratis tersedia di seluruh puskesmas kecamatan di DKI Jakarta bagi yang bergejala atau kontak erat. Layanan pengobatan covid-19 baik di puskesmas atau RS dengan BPJS.

Ngabila menyampaikan, covid-19 siklusnya berpotensi naik per 6 bulan sehingga masyarakat tidak perlu panik.

"Sama seperti batuk pilek biasa ketika pancaroba / peralihan musim berpotensi naik. Kenapa? Faktor imunitas biasanya menurun krn kelelahan, stress, kurang tidur, makan tidak teratur. Faktor kuman karena kelembaban tinggi lebih mudah masuk ke tubuh manusia. Jaga imunitas baik dengan pola hidup bersih sehat setiap hari," terangnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat