visitaaponce.com

Pj Gubernur DKI Heru Budi Targetkan Pembangunan Pompa Air Kemang Selesai Maret

Pj Gubernur DKI Heru Budi Targetkan Pembangunan Pompa Air Kemang Selesai Maret
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono(MI)

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan pembangunan fasilitas pompa air di Kemang Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, selesai pada Maret 2024.

"Iya, insya Allah (selesai bulan Maret 2024). Doakan, ya," ujar Heru saat berkunjung ke Kemang Raya, Jakarta, Kamis (11/1).

Kemang Raya merupakan salah satu kawasan rawan banjir. Beberapa hari lalu, saat Jakarta dilanda hujan deras, wilayah itu terendam air hingga 40 centimeter. Ia berharap dengan adanya pembangunan pompa air tersebut, banjir bisa berkurang.

Dinas SDA DKI Jakarta sejauh ini sudah melakukan pengerukan lumpur di berbagai titik, khususnya di Kali Mampang hingga Krukut yang rutin dilakukan oleh petugas Suku Dinas SDA Jakarta Selatan.

Baca juga: 267 Personel Bersiap di Titik Rawan Banjir Jakarta

Pelaksana tugas Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Ika Agustin mengatakan pihaknya juga berupaya menambah kapasitas pompa agar semakin maksimal dalam mengurangi dampak musim hujan.

Dua unit pompa yang sebelumnya mampu menyedot air 500 liter/detik, kini ditambah hingga 1.000 liter/detik, serta terdapat satu unit pompa kapasitas 250 liter/detik, sehingga total kapasitas mampu menyedot air sebanyak 2.250 liter/detik.

Baca juga: Jakbar Dikepung Banjir, Sudin SDA Cek Turap Kali Angke

"Dengan adanya penambahan (kapasitas pompa) ini diharapkan akan mengurangi genangan. Masalahnya pertumbuhan kota, perubahan tata guna lahan juga berpengaruh. Asalkan curah hujan masih 100 milimeter dan di bawah empat jam, maka seluruh infrastruktur di DKI Jakarta masih siap. Itu infrastruktur drainase, kalau kali besar sampai dengan 150 milimeter," pungkas Ika Agustin. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat