visitaaponce.com

Peristiwa Kebakaran di Jakarta Meningkat di 2023, Terbanyak di Jaktim

Peristiwa Kebakaran di Jakarta Meningkat di 2023, Terbanyak di Jaktim
Petugas melakukan penanggulangan kebakaran di Jakarta(MI/Usman Iskandar)

DINAS Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mencatat sebanyak 2.286 peristiwa kebakaran terjadi sepanjang 2023. Angka tersebut meningkat dari kejadian kebakaran selama 2022 yakni sebanyak 1.691 peristiwa.

"Kebakaran meningkat, karena kan pada saat musim kemarau yang berkepanjangan, memang itu musim kemarau yang ekstrim kan, nah itu meningkatnya di situ," ujar Satriadi Gunawan, Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi kepada wartawan, Selasa (23/1).

Satriadi merinci frekuensi kejadian kebakaran per wilayah selama 2023 paling tinggi yakni Jakarta Timur sebanyak 594 laporan. lalu Jakarta Selatan 573 laporan, Jakarta Barat 484 laporan, Jakarta Utara 379 laporan, dan Jakarta Pusat 256 laporan.

Baca juga : Mengantisipasi Bahaya Laten Kebakaran pada Kendaraan Listrik

Satriadi menyebut pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) percepatan penanganan kebakaran di tingkat kelurahan. Satgas berperan untuk melakukan pembinaan masyarakat terkait penanganan jika terjadinya kebakaran di lingkungan terdekat.

"Jadi sudah hampir enam bulan kita ada Kasatgas, ternyata efektivitasnya luar biasa, informasi kebakaran juga cepat," jelasnya.

Baca juga : Polisi: Kebakaran Karaoke di Tegal Akibat Korsleting Listrik di Musala

Ia menambahkan, saat ini upaya pemadam kebakaran di tengah masyarakat sudah terlihat. Sehingga mampu menekan dampak luas ketika terjadi kebakaran.

"Prinsipnya api itu kan ga langsung besar, kecil dulu, nah pada saat kecil yg ada siapa? Ya masyarakat, pemadam kan kalau udh besar," pungkasnya. (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat