visitaaponce.com

Waspada Cuaca Ekstrem, Dinas SDA DKI Jakarta Siagakan Pompa Air

Waspada Cuaca Ekstrem, Dinas SDA DKI Jakarta Siagakan Pompa Air
Warga melintasi banjir yang menutupi Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu, 14 Februari 2024.(Dok. MI/Usman Iskandar)

DINAS Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyiagakan pompa air dan seluruh petugasnya untuk mengantisipasi cuaca ekstrem. Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diperkirakan curah hujan ekstrem masih akan terjadi hingga akhir bulan ini.

"Terkait antisipasi, Dinas SDA akan terus menyiagakan pompa air mobile pada titik-titik rawan genangan dan akan mengevaluasi kapasitas drainase yang ada," jelas Sekretaris Dinas SDA DKI Jakarta, Hendri, saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (15/2).

Ia mengungkapkan, curah hujan di Jakarta pada hari pemungutan suara (14/2) kemarin masuk dalam kategori ekstrem yakni hingga mencapai 180 mm dalam waktu 380 menit atau lebih dari 6 jam. Di sisi lain, curah hujan tersebut juga melebihi kapasitas drainase yang ada di Jakarta 100 mm.

Baca juga : Curah Hujan Ekstrem Penyebab Banjir Jakarta

Hal itu pun menyebabkan beberapa wilayah Jakarta tergenang banjir termasuk beberapa titik yang menjadi tempat pemungutan suara (TPS).

"Jika dilihat pada daftar teratas wilayah terdampak hujan ekstrem, umumnya Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan beberapa wilayah barat," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada para petugas KPPS agar berhati-hati dalam meletakkan logistik pemilu. Sebab, pada 5 TPS di Kelurahan Pegangsaan Dua pemungutan suara ditunda karena logistik yang rusak akibat diletakkan di lantai saat terjadi genangan. Untuk jadwal pemilihan di TPS tersebut direncanakan dilakukan pada 18 Februari mendatang.

Baca juga : Hujan Lebat Sejak Jumat, 7 RT Wilayah Jakarta Barat Terendam Hingga 1 Meter

"TPS 149,150,151,152,153 RRW 022 di Komplek Arcadia Kelurahan Pegangsaan Dua yang kemarin tidak melakukan pencoblosan, karena kecerobohan panitia menempatan boks isi kertas pemilihan di bawah sehingga basah semua," ungkapnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat