visitaaponce.com

Harga Minyak Goreng Tropical di Depok Naik Lebih Tinggi

Harga Minyak Goreng Tropical di Depok Naik Lebih Tinggi
Ilustrasi.(Antara)

HARGA minyak goreng kemasan Tropical di pasar tradisional Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), tembus Rp37 ribu per 2 kilogram. Selain mahal, stok minyak itu langka.

Para pedagang di pasar tradisional mengeluhkan harga minyak goreng yang kian mahal dan stok minyak yang kurang itu. Salah satu pedagang Pasar Sukatani, Median, mengatakan harga minyak goreng kemasan Tropical hari ini, Minggu (25/2/2024), naik dari Rp34 ribu per 2 kilogram menjadi Rp37 ribu atau naik Rp3 ribu per 2 kilogram.

Median mengatakan, minyak goreng kemasan Tropical tak lagi tersedia di kios-kios pedagang di pasar tradisional. Pedagang hanya menyediakan minyak goreng kemasan Bimoli, Sania, dan Minyakita.

Baca juga : 2.500 Pedagang Binaan Pemerintah Kota Depok Terancam Mati Suri

Stok minyak goreng kemasan Bimoli, Sania, Fortuner, dan Minyakita juga mulai berkurang dan harga naik pula. Namun kenaikan harganya tidak separah minyak goreng Tropical. "Naiknya Rp1.000 per dua kilo," ucapnya.

Median menyebut beberapa penyebab kosongnya minyak kemasan Tropical di kios pedagang. Salah satunya ialah pasokan minyak goreng kemasan Tropical yang kurang. Selain itu, harga minyaknya di distributor naik.

Akibatnya, para pedagang harus menjual minyak goreng kemasan Tropical di kisaran Rp37 ribu per dua kilogram. "Melonjaknya harga minyak kemasan Tropical di lapak membuat pembeli mengeluh," ungkapnya.

Baca juga : Stok Kacang Kedelai di Pasar Tugu Kota Depok Langka

Muhammad Kasim, salah seorang pedagang di Pasar Kemirimuka, Beji, Kota Depok, mengatakan masalah stok dan harga minyak goreng bukan hanya membuat konsumen pening. Pedagang pun mengaku dibuat pusing dan mau menangis.

"Pedagang juga pusing. Pasokan minyak goreng sampai sekarang masih terbatas bagi pedagang tradisional, sementara permintaan banyak," keluh Kasim saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (25/2/2024).

Disebutkan Kasim, alokasi minyak goreng untuk pasar tradisional masih minim jika dibandingkan dengan ritel modern. Pascakenaikan harganya, pedagang hanya mampu menyediakan stok minyak goreng selama dua hingga tiga hari.

Baca juga : Minyak Goreng Kemasan Sulit Didapat di Pasar Tugu Depok

"Pasokan barang terbatas itu masalah bagi kami. Sekalinya nemu hanya dikasih dua dus. Ya pusing juga kita jualnya," ujar dia.

Kasim menyayangkan sikap pemerintah yang tidak segera menggelar operasi pasar untuk menekan harga minyak goreng yang terus melambung tinggi. "Pemerintah harusnya melihat kondisi pasar dan dibarengi pengawasan yang baik," tuturnya.

Keluhan lain disampaikan Enok, pedagang gorengan keliling. Dia mengeluh mahalnya harga minyak goreng di pasar. Harga jual minyak goreng kemasan di pasar mencapai Rp38.000 per 2 liter, sedangkan minyak goreng curah Rp18.000 per liter.

Baca juga : Di Pasar Tradisional Depok, Harga Minyak Goreng Masih Tinggi

Untuk mengatasinya, Enok terpaksa mengurangi jumlah makanan yang dijual. "Biasa untuk jualan sehari itu saya pakai 3 kilogram minyak goreng. Berhubung sekarang mahal saya kurangi jualannya," kata Enok.

Meski harga minyak goreng naik, Enok tetap menjual gorengan dengan harga normal. "Yang penting jualan lancar aja saya mah, daripada dinaikin enggak ada yang beli," terang dia.

Berbeda dengan Enok, Mak Tua--pedagang bakwan, tahu isi, dan risoles--terpaksa menaikkan harga jualannya. Semula Rp1.000 lalu semenjak harga minyak goreng melambung menjadi Rp1.500 per biji. "Kita naikkan ke Rp1.500, tetapi ukurannya tetap sama," kata dia.

Dia juga mengaku susah menemukan minyak goreng di pasar tradisional maupun ritel modern. "Sering kosong. Harganya juga enggak kira-kira. Di ritel modern selalu antre dan kalaupun dapat dijatah satu orang maksimal dua," keluhnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (KUPTD) Pasar Sukatani, Tri Handoko, dan KUPTD Pasar Kemirimuka, Budi Setyanto, mengatakan semua kebutuhan pangan pascapemilu 2024 mengalami kenaikan tajam. "Semua naik bahkan langka seperti beras yang merupakan konsumsi sehari-hari masyarakat. Kita telah laporkan kenaikan harga pangan ini ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk segera ditindaklanjuti," katanya. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat