visitaaponce.com

Stok Kacang Kedelai di Pasar Tugu Kota Depok Langka

STOK kacang kedelai yang diperlukan untuk bahan baku tahu dan tempe di Pasar Tugu, Kota Depok sudah satu pekan ini langka. Sehingga banyak pedagang terpaksa mengalihkan pembelian ke pasar lain dengan harga yang lebih mahal.

Kepala Unit Pengelolaan Pasar Daerah (KUPTD) Pasar Tugu, Ikhwan Suryadin Nasution mengungkapkan stok kacang kedelai di Pasar Tugu mengalami kelangkaan sejak Senin (7/3) sehingga berimbas pada harga tahu dan tempe.

"Sudah satu pekan langka. Untuk mendapatkan kacang kedelai para pedagang kacang kedelai terpaksa mengalihkan pembelian ke pasar lain dengan harga tinggi," kata dia, Minggu (12/3).

Baca juga : Tinjau Pasar Cisalak, Mendag: Harga Beras dan Minyak Goreng Alami Kenaikan 

Ia mengatakan, kelangkaan bahan baku tersebut, UPTD Pasar Tugu telah berkoordinasi dengan satgas pangan di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok.

"Khususnya di Pasar Tugu, kita terus berkoordinasi ke satgas pangan Disdagin Kota Depok. Kami juga turun kebawah dan mendatangi agen," katanya.

Ikhwan berharap kacang kedelai tidak langka dipasaran, karena pedagang dan konsumen saling membutuhkan.

Baca juga : Pasar di Kota Depok Boleh Buka Hingga Pukul 21.00 WIB

Harga kacang kedelai di Pasar Tugu jelas Ikhwan begitu berpengaruh, sehingga ia mengingatkan para pedagang tingkat pengecer, tidak bermain-main dengan harga yang merugikan konsumen.

"UPTD Pasar Tugu akan terus mengawasi. Sejauh ini yang bisa kita upayakan agar bahan baku ini tidak langka dan kosong, " jelas dia.

Menurut dia, konsumsi kacang kedelai di Pasar Tugu yang berbatasan langsung dengan Jakarta Timur ini sangat besar karena jumlah perajin tahu dan tempe sangat banyak.

Baca juga : Animo Pedagang Pasar Cisalak Depok Divaksinasi Covid Tinggi

"Inilah alasan kacang kedelai di pasar tradisional tersebut diburu oleh perajin tahu dan tempe," ungkapnya.

UPTD Pasar Tugu mencatat harga kacang kedelai impor perkilogramnya Rp13 ribu. Harga tahu perkilogramnya Rp8.000 dan tempe Rp14.000 per kilogram. (KG/OL-09)

Baca juga : Pedagang Pasar Anyar Harap Relokasi ke Pasar Mambo Terealisasi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat