visitaaponce.com

Pedagang Pasar Anyar Harap Relokasi ke Pasar Mambo Terealisasi

Pedagang Pasar Anyar Harap Relokasi ke Pasar Mambo Terealisasi
Pedagang memindahkan barang dagangan dengan latar belakang petugas menggunakan alat berat membongkar gapura Pasar Anyar di Tangerang.(Antara/Sulthony Hasanuddin.)

RELOKASI pedagang Pasar Anyar ke Pasar Mambo dan Pasar Anyar Selatan di Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, sudah dipastikan. Namun, 500 lebih pedagang masih bertahan di pasar tradisional tersebut.

Hal itu dilakukan karena Pemerintah Kota Tangerang belum memastikan jadwal relokasi. "Sampai saat ini kami masih menunggu kabar dari Pemkot Tangerang," kata Wakil Ketua Paguyuban Pasar Anyar, Gufron Sulaiman, Sabtu (27/1)

Tanpa pemberitahuan dari Pemkot, para pedagang belum berani pindah ke Pasar Mambo dan Pasar Anyar Selatan, walupun sudah ada kesepakatan bersama antara Pemkot dan pedagang. "Ya kalau sudah ada kabar kita harus relokasi ke sana, kapan pun kami siap pindah. Karena itu yang diharapkan oleh para pedagang," paparnya.

Baca juga: Pedagang Pasar Anyar Kota Tangerang Bertahan Jelang Relokasi

Kesepakatan relokasi pedagang Pasar Anyar ke Pasar Mambo dan Pasar Anyar selatan, setelah aksi turun jalan para pedagang. Itu terjadi karena para pedagang menolak direlokasi ke Plaza Shinta dan Mal Metropolis yang jauh dan sepi dari pelanggan.

Saat itulah, lanjut Gufron, terjadi dialog antara Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdian dengan perwakilan pedagang. Hasilnya, tambah dia, Pj Wali Kota Tangerang sepakat dengan tuntutan pedagang yang ingin di relokasi di satu titik di Pasar Mambo.

Bahkan dalam perkembangannya, sambung Gufron, relokasi tersebut tidak hanya di Pasar Mambo, melainkan juga Pasar Anyar Selatan yang posisinya berdampingan. "Sampai saat ini kami masih menunggu waktu relokasi. Mudah-mudahan segera terealisasi, supaya revitalisasi pasar cepat dimulai," ungkapnya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Jaminan Sosial untuk Pedagang di Pasar Gedhe Klaten

Senada pula dengan Tatang Sago, Pembina Paguyuban Pedagang Pasar Anyar. Ia mengatakan, sejak awal akan direvitalisasinya Pasar Anyar, para pedagang sangat mendukung. Selain revitalisasi tersebut merupakan proyek nasional yang dapat meningkatkan perekonomian pedagang, keberadaan pasar tradisional yang nanti menjadi pasar modern akan membuat pedagang atau pengunjung lebih nyaman.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para pedagang masih menggelar dagangannya seperti biasa. Sedangkan untuk pedagang luar atau PKL yang tidak boleh lagi berjualan di depan dan sekitar gerbang pasar menggelar dagangan di gang-gang permukiman warga di sekitar pasar.

Petugas keamanan gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terus berjaga-jaga di tenda-tenda yang didirikan sekitar pasar maupun jalan-jalan menuju pasar yang ditutup dengan barrier. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat