visitaaponce.com

Pemprov DKI Jakarta Anggaran Rp6 M untuk 5 Moge Listrik Tahun Ini

Pemprov DKI Jakarta Anggaran Rp6 M untuk 5 Moge Listrik Tahun Ini
Ilustrasi tempat pengisian daya kendaraan listrik.(Dok. Antara)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membeli sepeda motor listrik baru untuk petugas patroli dan pengawalan (Patwal) dari Dinas Perhubungan (Dishub).

Salah satunya anggaran yang disiapkan belanja kendaraan motor besar (moge) baru untuk mengawal pejabat kelas VVIP itu sebesar Rp6.354.750.000.

Adapun informasi ini tertuang dalam laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (Sirup LKPP).

Baca juga : Rangkul Pengusaha Lokal, Motor Listrik Tangkas Memiliki Showroom di Tegal

Dalam Sirup LKPP, tertulis bahwa penganggaran dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, dengan nama paket Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP.

Sampai berita ini dinaikkan belum dijelaskan secara terperinci spesifikasi 5 unit kendaraan motor listrik untuk petugas Patwal pejabat VVIP Pemprov DKI Jakarta.

Namun, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo telah menjelaskan rencana pengadaan moge bertenaga listrik pada tahun lalu 2023.

Baca juga : Blitz dan Sayurbox Kolaborasi Optimalkan Gaya Hidup Sehat Ramah Lingkungan

Ia mengatakan untuk tahap awal, akan ada 10 unit yang disediakan untuk kegiatan patroli dan pengawalan oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Sementara untuk motor besar atau moge itu rencana tahun depan baru akan diadakan. Jadi ini untuk patroli dan pengawalan, motor Patwal listrik," ujar Syafrin di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023).

Ia juga belum menjelaskan secara terperinci soal spesifikasi maupun harga moge bertenaga listrik listrik. Dia hanya mengatakan bahwa penggantian ini merupakan bagian dari transformasi kendaraan dinas operasional.

Baca juga : Kuota Subsidi Motor Listrik Masih Tersedia, United E-Motor Beri Tawaran

Moge listrik tersebut pun dikhususkan untuk petugas ketika melaksanakan pengawalan pejabat utama di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Spesifikasi, kecepatan maksimalnya nantilah. Karena ini motor listrik besar, ini untuk pengawalan, Patwal," ucap Syafrin.

Sebagai informasi, Dishub DKI juga telah memiliki 186 motor listrik untuk petugas lapangan.

Baca juga : Aturan Konkret Diperlukan untuk Dukung Transisi ke Kendaraan Listrik 

"Karena ini motor listrik besar, ini untuk pengawalan, Patwal," jelasnya.

Kendati Syafrin tidak memberikan spesifikasi Moge Listrik yang akan digunakan tahun depan, pantauan reporter Media Indonesia di lapangan pada saat itu, moge listrik tersebut mirip seperti Motor listrik Harley-Davidson LiveWire.

Adapun kekuatannya mampu menghasilkan 100 tenaga kuda dan 84 kaki lbs torsi dan melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam hitungan 3 detik saja. Lalu, kisaran harga moge listrik itu mencapai Rp1,5 miliar.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat