visitaaponce.com

Kuota Subsidi Motor Listrik Masih Tersedia, United E-Motor Beri Tawaran

Kuota Subsidi Motor Listrik Masih Tersedia, United E-Motor Beri Tawaran
United E-Motor. motor listrik produksi dalam negeri besutan PT Terang Dunia Internusa.(Ist)

PROGRAM subsidi motor listrik yang digelar pemerintah bagi masyarakat Indonesia masih kurang peminat. Tercatat hingga tanggal 2 Januari 2024, motor listrik bersubsidi baru terjual sebanyak 11.532 unit.

Kuota subsidi motor listrik untuk tahun 2023 berjumlah 200.000 unit. Namun penyalurannya dirasa masih belum maksimal.  Oleh karena itu, jumlah kuota subsidi untuk tahun 2024 jadi menggelembung.

Berdasarkan data yang tertera di Sisapira.id, total kuota tahun 2024 sejumlah 400.000 unit ditambahkan dengan sisa kuota tahun 2023 menjadi sebanyak 590.603 unit.

Baca juga: Inilah Tips Cara Mudah Rawat Motor Listrik agar Kinerjanya Tetap Optimal 

Hingga kini, terdapat lebih dari 30 jenis motor listrik bersubsidi yang beredar di pasaran.Salah satunya dari United E-Motor.

Motor listrik produksi dalam negeri besutan PT Terang Dunia Internusa tersebut telah membukukan empat tipe motor listriknya yang dapat dibeli dengan bantuan subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta.

Setelah dipotong subsidi, harga tipe United E-Motor MX1200 menjadi hanya Rp 8,8 juta, T1800 jadi Rp 23,5 juta, TX1800 jadi Rp 26,9 juta dan tipe tertinggi TX3000 hanya tinggal Rp 42,9 juta. Harga tersebut merupakan harga OTR Jakarta.

Baca juga: CEO Motor Listrik Kerap Koordinasi untuk Pengembangan Motor Listrik Nasional

General Manager PT Terang Dunia Internusa, Andry Dwinanda mengungkapkan bahwa edukasi serta promosi penggunaan motor listrik di dalam negeri masih menjadi kewajiban berbagai pihak, bukan hanya produsen saja.

“Pentingnya untuk menyadari bahwa edukasi terhadap keuntungan dan manfaat motor listrik bagi penggunaan sehari-hari perlu ditingkatkan," jelas Andry.

"Dan ini menjadi tanggung jawab bersama, baik produsen, pemerintah serta lembaga-lembaga masyarakat lainnya untuk berperan aktif dalam mengkampanyekan motor listrik sebagai sebuah sarana transportasi yang hemat biaya, irit, serta baik untuk lingkungan sekitar,” ujar Andry dalam keterangan, Kamis (4/1/2024).

Baca juga: Sebanyak 210 Unit Motor Listrik United E-Motor untuk Disbud Badung Bali

Andry menambahkan bahwa motor listrik United E-Motor jadi alternatif kendaraan listrik pengganti bbm yang ekonomis dan memiliki spesifikasi yang mumpuni.

“United E-Motor telah mengeluarkan empat jenis motor listrik dengan beragam spesifikasi yang bisa disesuaikan dengna kebutuhan masyarakat Indonesia. Varian dengan harga yang luas, teknologi yang ter-up-to-date, dan model yang futuristik dan cocok dengan selera dalam negeri,” tambahnya.

Untuk mendapatkan produk United E-Motor dengan subsidi di tahun 2024, caranya masih sama. Persyaratan umum yang perlu dipenuhi adalah sebagai berikut warga negara Indonesia (WNI), usia minimal 17 tahun,  memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, dan 1 KTP hanya bisa mendapatkan 1 kali subsidi.

Perlu diperhatikan bahwa satu KTP alias satu identitas hanya bisa melakukan satu kali pembelian motor listrik dengan subsidi. Hal ini dilakukan pemerintah agar setiap warga berpeluang membeli motor listrik dengan harga terjangkau. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat