visitaaponce.com

Penangkapan Lima Anggota Polisi yang Terlibat Narkoba Layak Diapresiasi

Penangkapan Lima Anggota Polisi yang Terlibat Narkoba Layak Diapresiasi
Ilustrasi(MI)

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai penangkapan lima anggota polisi yang terlibat penyalahgunaan narkoba di wilayah Cimanggis, Depok, Jawa Barat, layak diapresiasi. Menurutnya, dengan adanya penangkapan itu, pengawasan oleh institusi Polri terhadap seluruh sudah berjalan baik.

"Meskipun masih harus terus ditingkatkan lagi agar pelanggaran yang sama tidak terulang di kemudian hari," kata Bambang saat dihubungi, Selasa (23/4).

Bambang menyebut upaya pengawasan dan penindakan juga harus terus didorong menjadi sebuah sistem yang paten, sehingga tidak ada lagi celah bagi personel untuk melakukan pelanggaran.

Baca juga : Banyak Pemuda Terjerat, Relawan Edukasi Warga Cegah Peredaran Narkoba

"Jadi, bukan hanya jadi gebrakan-gebrakan sesaat saja," imbuhnya.

Bambang berpandangan penyalahgunaan narkoba tidak akan pernah usai karena kejahatan itu bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anggota kepolisian. Terlebih, segitiga kejahatan, yakni niat, peluang, dan kemampuan yang menjadi faktor perilaku kejahatan juga terjadi di internal kepolisian.

Ia mengatakan, dengan kemampuan yang mumpuni, kewenangan penegakan hukum dan kesempatan yang terbuka karena sistem pengawasan yang lemah, anggota polisi yang sebelumnya tidak terlibat dalam kejahatan narkoba bisa jadi berubah.

Baca juga : Polisi Musnahkan 9.807 Pil Ekstasi dari Malaysia

"Niat jahat itu hanya faktor kecil yang memicu kejahatan. Oleh karena itu, upaya preventif mencegah kejahatan oleh kepolisian tak hanya berlaku bagi masyarakat, tetapi juga harus ke internal organisasi Polri juga," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, lima anggota polisi diamankan Polda Metro Jaya terkait dugaan penyalahgunaan narkotika di kawasan Cimanggis, Depok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan lima personel itu diamankan pada Sabtu (20/4) pekan lalu. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat