visitaaponce.com

Jalan Penghubung Kelurahan Sawangan Baru Depok Ambles, Arus Kendaraan Lumpuh

Jalan Penghubung Kelurahan Sawangan Baru Depok Ambles, Arus Kendaraan Lumpuh
Ilustrasi jalan penghubung yang ambles.(MI/Adi Kristiadi)

JALAN penghubung Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) amblas mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh tidak bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua, termasuk pejalan kaki.

Keterangan dihimpun jalan amblas berada di Jalan Enggram Raya RT 006 RW 05 Kelurahan Sawangan Baru.

Akibat longsor tersebut, air kali merembes hingga menimbulkan rongga pada tanah dan aspal. Jalan amblas memiliki panjang 30 meter dengan kedalaman dua meter, lebar 3 meter.

Baca juga : Puluhan Pohon Tumbang di Depok Macetkan Arus Kendaraan

Sampai sore ini satuan tugas sumber daya air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok masih di lokasi melakukan penutupan aliran kali.

Juru air sumber daya air Dinas PUPR Kota Depok Rapael menyatakan peristiwa jalan amblas tersebut terjadi Selasa sore (30/4) sekitar pukul 16.00 WIB.

Beruntung, kata Rapael tidak ada korban jiwa maupun korban luka akibat peristiwa jalan amblas tersebut

Baca juga : Tanggul Kali Angke Bojongsari Depok Roboh usai Diguyur Hujan

"Tidak ada korban jiwa baik meninggal maupun luka-luka. Jalan amblas akibat longsor itu hanya menimbulkan tidak bisa dilalui kendaraan dan pejalan kaki," ucap dia.

Ia melanjutkan kabar jalan ambles diperoleh berdasarkan informasi di lapangan atau para saksi sesaat melakukan aktivitas usaha.

"Kita langsung ke lokasi ketika terima laporan bersama tim gabungan dari jajaran forum pimpinan kecamatan, titik jalan tergerus longsor tampak pada bagian pondasi penahan tanah. Sebelumnya, memang tergerus bagian pondasi," ucap Rapael.

Baca juga : 1.107 Titik Jalan di Depok Rusak Parah Hantui Pengendara di Jalan

Sementara itu Kepala Seksi Pembangunan dan rehabilitasi sumber daya air Dinas PUPR Kota Depok Bahtiar Ardiansyah menambahkan sebagai upaya penanganan sementara, tim gabungan yang dipimpinnya secara langsung melakukan pengecekan lokasi dan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati hati.

Tidak hanya itu, kata Bahtiar, saat ini mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan dilokasi kejadian sementara dipasang pembatas dan rambu rambu longsor oleh pihaknya.

“Saat ini diperlukan kewaspadaan dampak jalan ambles ini, karena ini akan terus terjadi mengingat intensitas hujan masih tinggi hari ini,” tukasnya.

Baca juga : Parkir Liar di Depok Kian Parah, Ini Tanggapan Dinas Perhubungan

Jalan ambles tersebut merupakan ruas jalan raya yang sehari-harinya digunakan masyarakat untuk aktivitas usaha di Jalan Enggram Raya RT 006 RW 05 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.

"Sebanyak satu regu satgas, terdiri dari 10 orang termasuk operator alat berat berupa spider mini diterjunkan untuk melakukan penanganan yaitu pengangkatan material puing dan akan dilanjutkan dengan perbaikan," tutur Bachtiar.

"Ambles jalan memiliki panjang 30 meter dengan kedalaman 2 meter dan lebar 3 meter. Penyebab longsor, karena bocornya Kali Enggram yang tepat berada di lokasi tersebut," paparnya.

Air kali dari hulu, kata Bahtiar ngerembes sehingga menimbulkan rongga pada tanah dan aspal. "Untuk sementara satgas memasang cerucuk bambu agar tidak terjadi longsor susulan. Jalan ambles total dan tidak bisa dilintasi pengguna jalan," pungkas Bahtiar. (KG/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat