visitaaponce.com

Kebijakan Cuti Tambahan Diklaim Berhasil Tekan Kemacetan Arus Balik

Kebijakan Cuti Tambahan Diklaim Berhasil Tekan Kemacetan Arus Balik
Foto udara antrean sejumlah kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4).(ANTARA/ Fakhri Hermansyah )

PEMERINTAH menyebut imbauan aparatur sipil negara (ASN) hingga pegawai swasta untuk mengambil cuti tambahan telah berdampak dalam menekan kemacetan pada arus balik. Hal ini terlihat dari volume kendaraan yang masuk ke gerbang Tol Cikampek per hari ini tidak sampai 30 persen.

"Artinya berarti mulai besok sampai ahad (Minggu, 30 April) minggu depan akan flat, artinya padat tapi tidak akan berdesak-desakan," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Istana Wakil Presiden.

Muhadjir menyebut kebijakan peniadaan halalbihalal hingga pemberian diskon tarif tol pada 27-29 April juga turut meredam kemacetan. Sehingga tidak terjadi kemacetan yang signifikan saat puncak arus balik pada 24-25 April lalu.

Baca juga: Rabu Dini Hari, Lalu lintas Tol Japek dari Karawang Arah Jakarta Padat 

Selain itu, Muhadjir memastikan apabila puncak arus mudik bergeser pada 29-30 April tidak akan menimbulkan kemacetan yang berarti. Ia memprakirakan pada Sabtu, 29 April arus mudik di bawah 30 persen.

"Sehingga tidak ada yang perlu kita khawatirkan kemudian kita sudah keluarkan kebijakan perpanjangan masa operasi kendaraan angkutan barang kan nanti sampai besok," bebernya.

Baca juga: Pemudik Diimbau Kembali ke Jakarta Setelah Puncak Arus Balik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pemudik untuk membantu pemerintah dalam mengurai potensi kepadatan saat puncak arus balik pada 24-25 April 2023. Salah satunya, dengan mengambil cuti tambahan untuk menunda kepulangan.

"Ketentuan ini berlaku untuk ASN TNI Polri dan BUMN ataupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya," ujar Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 24 April 2023.

Ia berharap pemudik dapat menjalankan imbauan ini, terutama bagi yang tidak memiliki keperluan mendesak untuk kembali ke daerah perantauannya. Imbauan ini dikeluarkan menyusul data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mencatat terdapat potensi lonjakan kendaraan arus balik signifikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi setidaknya 203 ribu kendaraan per hari dari arah timur Jalan Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung diperkirakan akan melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek," jelas Kepala Negara. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat