visitaaponce.com

Kemenhub Petakan Jalur Mudik Lebaran yang Rawan Banjir

Kemenhub Petakan Jalur Mudik Lebaran yang Rawan Banjir
Petugas mengatur selang mesin pompa air di lokasi yang masih terdampak banjir di Dusun Cangkring, Karanganyar, Demak, Jawa Tengah.(ANTARA/YUSUF NUGROHO)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya telah memetakan titik-titik jalur mudik Lebaran yang rawan banjir. Khususnya di Semarang dan Demak, Jawa Tengah.

"Menjadi catatan karena rob baru terjadi. Bisa saja terjadi lagi," ujar Budi di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (3/4).

Budi telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mencegah terjadinya banjir. Ia meyakini baik pemda dan PUPR telah memiliki persiapan penanganan banjir.

Baca juga : Banjir Rob Bayangi Pantura Jawa Tengah Hingga Akhir Januari 2024

"Saya pikir PUPR dan pemda mengetahui sekali cara melakukan dan dari polisi sendiri bisa melakukan alternatif atau rencana cadangan," jelasnya. 

Budi juga bakal menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah polisi resor (polres) di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain itu, ia akan meninjau langsung titik rawan banjir.

Polri sendiri telah memetakan 115 titik rawan banjir pada jalur mudik di Pulau Jawa. Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja (raker) tentang Persiapan Mudik 2024 di Komisi V DPR. 

Kami juga sudah memetakan beberapa titik rawan banjir ada 115 titik rawan banjir pada jalur mudik dan balik terutama di Jawa ini," kata Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan di Ruang Rapat Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4).

Sebanyak 4 titik banjir terdapat di Banten. Kemudian 1 titik banjir di Jakarta, 13 titik banjir di Jawa Barat, 2 titik banjir di Jawa Tengah, 11 titik banjir di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan 84 titik banjir di Jawa Timur. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat