visitaaponce.com

Banjir Rob Bayangi Pantura Jawa Tengah Hingga Akhir Januari 2024

Banjir Rob Bayangi Pantura Jawa Tengah Hingga Akhir Januari 2024
Ilustrasi(Antara)

AWAS, bencana banjir laut pasang (rob) berpotensi merendam daerah Pantura Jawa Tengah terutama Semarang dan Demak hingga akhir Januari 2024. Warga berada di pesisir diminta untuk mewaspadai rob tersebut.

"Ada potensi rob di Pantura terutama Semarang dan Demak pada Sabtu  (13/1) hingga Jumat (19/1) dan Jumat (26/1) hingga Sabtu (27/1) mendatang," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Taruna Mona Rachman Jumat (12/1).

Saat ini cuaca di berbagai daerah di Jawa Tengah belum baik-baik saja, bencana hidrometeorologi seperti banjir,
longsor dan angin kencang masih menjadi ancaman serius yang wajib untuk diwaspadai karena cuaca yakni hujan lebat disertai angin kencang serta sambaran petir masih terjadi.

Baca juga : Ada Fase Bulan Baru, BMKG: Waspadai Banjir Rob

Terkait dengan potensi banjir air laut pasang (rob), kata BMKG, diperkirakan terjadi pada petang, malam hingga dini hari, sehingga pendapat perhatian karena bersamaan intensitas hujan cukup tinggi hingga akan berdampak cukup luas. 

"Warga berada di daerah pesisir Pantura harap waspada," jelas Mona.

Baca juga : Negara Rugi Rp10 Triliun Karena Banjir Rob Utara Jawa

Sementara itu Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Ahmad Yani Semarang Harits Syahid Hakim mengatakan cuaca di Jawa Tengah pada  umumnya berawan, namun potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diperkirakan terjadi pada antara awal malam hingga malam hari.

"Angin dari arah tenggara ke barat daya berkecepatan 03-20 kilometer per jam, suhu udara berkisar 24-27 derajat celsius dan kelembapan udara berkisar 85%-95% serta ketinggian gelombang laut utara 0,1-1,25 meter dan laut selatan 0,5-2,5 meter," kata Harits Syahid.

Hujan dengan intensitas ringan-sedang, lanjut Harits Syahid, terjadi di Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Ungaran, Magelang, Semarang, Majenang, Wonosobo, Rembang, Temanggung, Kendal, Batang, Kajen, Salatiga dan Ambarawa.

Sedangkan hujan intensitas sedang-lebat, menurut Harits Syahid, berpotensi terjadi di Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Blora, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Pemalang, Slawi, Brebes, Solo, Pekalongan, Tegal dan Bumiayu. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat