visitaaponce.com

Mudik Lebaran, 2,8 Juta Tiket Kereta Jarak Jauh Ludes Terjual

Mudik Lebaran, 2,8 Juta Tiket Kereta Jarak Jauh Ludes Terjual
Para penumpang antre memasuki gerbong kereta api Motis Utara jurusan Pasar Senen-Semarang Tawang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (05/(MI/Usman Iskandar)

Pada masa angkutan Lebaran 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sampai dengan Selasa (9/4), total masyarakat yang sudah melakukan pemesanan tiket untuk mudik maupun balik menggunakan kereta api (KA) jarak jauh sebanyak 2.857.239 tiket.

Executive Vice President (EVP) of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji menyampaikan, pihaknya menetapkan masa angkutan Lebaran 2024 sejak Minggu, 31 Maret hingga Minggu, 21 April 2024.

Untuk puncak arus mudik layanan kereta api terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 atau H-4 Lebaran dengan jumlah 182.525 penumpang.

Baca juga : Tiket Kereta Api untuk Lebaran 2024 dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia

"Masyarakat yang menggunakan kereta api akan terus meningkat seiring dengan tingginya animo masyarakat menggunakan jasa angkutan kereta api," ujar Raden dalam keterangan resmi, Selasa (9/4).

KAI mencatat Stasiun Pasarsenen, Jakarta, menjadi stasiun keberangkatan terpadat selama periode angkutan Lebaran dengan jumlah penumpang sebanyak 516.842 orang. Disusul dengan Stasiun Gambir dengan jumlah penumpang sebanyak 265.547 orang.

Raden mengungkapkan pada Angkutan Lebaran 2024 ini, total terdapat 8.678 perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal atau rata-rata 394 perjalanan KA per hari. Rinciannya, 5.618 perjalanan KA jarak jauh dan 3.060 perjalanan KA lokal.

Jumlah total perjalanan KA tersebut sudah termasuk 1.242 perjalanan KA tambahan yang terdiri dari 1.154 perjalanan KA jarak jauh tambahan dan 88 perjalanan KA lokal tambahan.

Untuk rute atau relasi terpadat yang dicatat KAI ialah Surabaya Pasarturi-Pasarsenen, Pasarsenen-Surabaya Pasarturi, Malang-Pasarsenen, Pasarsenen-Malang, Kiaracondong-Surabaya Gubeng, Surabaya Gubeng-Kiaracondong, Blitar-Pasarsenen, Pasarsenen-Blitar, Lempuyangan-Pasarsenen dan Pasarsenen-Kutoarjo. (Ins)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat