visitaaponce.com

Curah Hujan masih Tinggi Warga Pegunungan Meratus Trauma Banjir

Curah Hujan masih Tinggi Warga Pegunungan Meratus Trauma Banjir
Federasi Arung Jeram Indonesia dan Global Rescue Network menyalurkan bantuan untuk korban banjir, Jumat (12/2/2021)(MI/Denny Susanto)

CURAH hujan dengan intensitas tinggi masih melanda kawasan Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan. Kembali naiknya air muka Sungai Alat dan Sungai Datar Ajab di Kecamatan Hantakan membuat warga setempat khawatir banjir bandang kembali terjadi.

Informasi dihimpun mediaindonesia.com, Kamis (18/2), hujan deras melanda wilayah Kecamatan Hantakan dan sekitar pegunungan Meratus lainnya sejak dinihari hingga pagi menjelang siang. Kondisi ini memicu meningginya permukaan sungai hingga beberapa meter dengan arus deras sehingga membuat warga sekitar khawatir.

"Sejak bencana banjir bandang kemarin warga masih trauma. Sampai kini pun warga terus berjaga-jaga apabila terjadi banjir susulan," ungkap Kasman warga Desa Alat yang terpaksa pulang lebih cepat dari kantor tempatnya bekerja di Kota Barabai, setelah mendengar air sungai kembali meninggi.

Kondisi cemas juga dialami warga Desa Waki, salah satu desa terparah dihantam banjir di Kecamatan Hantakan yang batal dikunjungi Presiden Joko Widodo. Di wilayah ini sebagian warga kehilangan tempat tinggal mereka karena disapu banjir bandang hingga nyaris menenggelamkan desa. Batalnya kunjungan Jokowi untuk kali kedua ini membuat warga setempat kecewa, meski mereka tidak dapat berbuat banyak.

baca juga: Pascabanjir Kasus Covid -19 di Kalsel Semakin Parah

Kepala BPBD Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Budi mengatakan pihaknya telah menghimbau agar warga waspada ancaman banjir susulan seiring masih tingginya curah hujan di bagian hulu pegunungan Meratus. Lebih jauh dikatakan Budi upaya pemulihan pasca bencana di wilayah Kecamatan Hantakan dan 9 kecamatan lain di Hulu Sungai Tengah terus berlangsung.

Banjir bandang di Kecamatan Hantakan beberapa waktu lalu melanda delapan desa dari 12 desa di wilayah tersebut. Desa-desa tersebut meliputi Desa Alat, Waki, Hantakan, Batu Tunggal, Bulayak, Murung B, Haruyan Dayak, dan Datar Ajab. (OL-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat