visitaaponce.com

Puluhan Sapi Mati di Kabupaten Mukomuko akibat Jembrana

Puluhan Sapi Mati di Kabupaten Mukomuko akibat Jembrana
Sapi ternak.(MI/Dwi Apriani. )

SEBANYAK 50 dari 300 sapi ternak milik petani di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mati terserang penyakit jembrana. Penyakit itu mulai mengganas mulai Januari hingga Februari 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Junaidi, di Bengkulu, kasus jembrana yang menyerang ternak sapi milik warga terjadi di beberapa kecamatan. Kejadian yang terparah berada di Kecamatan Ipuh, Teras Terunjam, Selagan Raya, dan Kota Mukomuko.

Di wilayah Kecamatan Ipuh, penyakit jembrana yang menyerang hewan itu mencapai 150 kasus. "Petugas Pusat Kesehatan Hewan saat ini terus melakukan pemantauan perkembangan kasus Jembrana dan pencegahan dengan sarana yang ada saat ini," imbuhnya.
     
Saat ini, kata dia, petugas kesehatan ternak Kabupaten Mukomuko, masih menunggu vaksin dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Sebelumnya, pada 2020, sedikitnya 73 sapi yang mati terserang penyakit jembrana di sembilan kelurahan di Kecamatan Mukomuko yakni Pasar Mukomuko, Bandar Ratu, Koto Jaya, Ujung Padang, Tanah Rekah, Pasar Sebelah, Pondok Batu, Selagan Jaya, dan Tanah Harapan.

Jembrana merupakan penyakit menular akut pada sapi Bali. Penyakit ini disebabkan virus retrovirus merupakan keluarga Lentivirinae yang termasuk dalam famili Retroviridae. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat