visitaaponce.com

Bappeda Klaten Dorong Budaya Kreatif dan Inovatif

Bappeda Klaten Dorong Budaya Kreatif dan Inovatif
Salah satu peserta lomba krenova kategori masyarakat umum (kiri) menampilkan Aquabantik (Aquarium ban bekas cantik).(MI/Djoko Sardjono)

BADAN Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar lomba kreativitas dan inovasi (krenova) tingkat pelajar dan masyarakat umum.

Lomba krenova untuk kategori pelajar diikuti 17 peserta dari SMP/SMA/SMK dan kategori masyarakat umum 18 peserta. Kegiatan lomba ini digelar di Bappeda Klaten, 16-17 April 2021.

Lingkup bidang yang dilombakan meliputi agrobisnis/pangan, energi, kesehatan/obat-obatan/komestik, rekayasa/manufaktur, pendidikan, lingkungan hidup, dan kerajinan/industri rumah tangga.

Baca juga: Bioskop 4D di Temanggung Difungsikan untuk Kegiatan Literasi

Kegiatan lomba dibuka Kepala Bappeda Klaten Sunarna, serta dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Wardani Sigiyanto dan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Sri Nugroho.

Tujuan digelar lomba krenova adalah untuk mendorong terbentuknya budaya kreatif dan inovatif kalangan pelajar dan masyarakat, serta terciptanya produk unggulan daerah.

"Kegiatan lomba krenova sangat strategis dalam upaya pencapaian visi dan misi Bupati Klaten, yaitu Kabupaten Klaten yang maju, mandiri, dan
sejahtera," kata Kepala Bappeda Sunarna.

Menurutnya, kreativitas dan inovasi peserta lomba krenova menciptakan dan merekayasa tekonologi alat atau produk, diharapkan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bappeda Klaten berupaya menumbuhkembangkan ide kreatif dan inovatif masyarakat, yakni dengan menggelar lomba krenova tingkat pelajar dan masyarakat umum yang diadakan sejak 2007.

Kabid Penelitian Pengembangan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda, M Umar Said, menambahkan lomba kategori pelajar dilaksanakan Jumat (16/4), dengan 17 peserta, dan lomba kategori masyarakat umum yang diikuti 18 peserta diadakan Sabtu (17/4).

Peserta lomba kategori pelajar dan masyarakat umum dinilai dewan juri, masing-masing beranggotakan lima orang. Para juara akan dikirim untuk lomba krenova tingkat Soloraya dan Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan Wardani Sugiyanto saat ditemui mediaindonesia.com mengapresiasi kegiatan lomba krenova tingkat pelajar SMP/SMA/SMK dan masyarakat umum yang digelar setiap tahun.

"Keikutsertaan pelajar dalam lomba ini perlu didorong, dengan harapan hasil kreativitas dan inovasi anak didik dapat diimplementasikan dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat