visitaaponce.com

Ruang ICU Pasien Covid-19 di Sejumlah RS di Banyumas Penuh

Ruang ICU Pasien Covid-19 di Sejumlah RS di Banyumas Penuh
Ilustrasi ruang ICU(ANTARA FOTO)

KENAIKAN jumlah kasus covid-19 di Banyumas, Jawa Tengah, membuat tempat tidur (TT) ICU di sejumlah rumah sakit (RS) dipenuhi pasien covid-19. Kenyataan itu disampaikan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein setelah menyambangi sejumlah RS di Banyumas.

RS yang dipantau oleh Bupati adalah RS Islam, RS Hermina, RSUD Ajibarang, RS Medika Lestari dan RSUD Banyumas.

"Pada saat saya melakukan pengecekan di sejumlah RS, ternyata memang ada RS yang jumlah ruangan ICU penuh. Hal ini terjadi karena dalam beberapa waktu terakhir kasus covid-19 di Banyumas mengalami kenaikan," kata Bupati di sela-sela  pemantauan RS pada Sabtu (3/7) malam.

Dijelaskan oleh Bupati, ada pasien yang tertunda masuk dan berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Ini memang dampak dari kenaikan kasus covid-19 di Banyumas. Sekarang ICU sudah penuh, isolasi sudah penuh, sekarang masuk di IGD, besok (hari ini) harus ada solusi," ujarnya.

Baca juga:  BOR RS Rujukan di Banyumas Nyaris Penuh, Tempat Tidur Tersisa 11%

Menurut Bupati, pihaknya meminta Direktur RS rujukan covid-19 untuk mencari solusi dan mendapat masukan untuk mengambil sikap, agar kapasitas rumah sakit sama dapat menampung semua pasien.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Arif Sugiono mengatakan kunjungan Bupati ke RS rujukan dilakukan sebagai antisipasi dan kebijakan yang akan diambil akibat melonjaknya covid-19 di Banyumas dan secara umum di Jawa Tengah.

"Dari rumah sakit yang dikunjungi, ruang ICU dan isolasi terpantau penuh, ada pasien yang tertahan di IGD akibat tidak adanya kekosongan atau full ruang ICU dan isolasi," jelas Arif.(OL-5)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat