visitaaponce.com

Luapan Sungai Ogan Rendam Sejumlah Wilayah Di OKU

Luapan Sungai Ogan Rendam Sejumlah Wilayah Di OKU
Ilustrasi(DOK MI)

AKIBAT intensitas hujan yang cukup deras di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membuat Sungai Ogan meluap. Akibatnya, ratusan dan fasilitas umum di sejumlah kecamatan di OKU terendam banjir.

"Ada 4 kecamatan yang terendam banjir akibat luapan sungai Ogan," ucap Kabid Kedaruratan Bencana BPBD Sumsel, Ansori, Selasa (2/11/2021).

Ia mengatakan hujan deras terjadi sejak 1 November pukul 17.30 WIB hingga siang tadi. "Curah hujan dengan intensitas sangat lebat dengan durasi waktu cukup lama," jelasnya.

Ia menjelaskan intensitas curah hujan yang tinggi mulai turun di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten OKU terutama dihulu Sungai Ogan yaitu Kecamatan Ulu Ogan, Pengandonan dan Semidang Aji, serta hulu sungai Lengkayap Kecamatan Lengkiti dan Sosoh Buay Rayap, dengan durasi waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Ogan dan Sungai Lengkayap. "Berdasarkan laporan yang masuk ketinggian banjir mencapai 1 hingga 4 meter," kata dia.

Adapun dampak yang ditimbulkan akibat bencana banjir tersebut terjadi di beberapa kecamatan. Diantaranya di Kecamatan Baturaja Timur, yakni Desa Tanjung Kemala dimana ada 97 rumah yang terendam. Lalu di Dusun VI Desa Tanjung Kemala ada 15 rumah yang terendam. Di Desa Tanjung Baru ada 35 rumah terendam dan Desa Terusan ada 15 rumah.

Untuk di Kecamatan Baturaja Barat, terjadi banjir di Desa Laya yakni ada 52 rumah. Lalu di Kelurahan Tanjung Agung ada 55 rumah dan Desa Karang Agung ada 173 rumah terendam. Di Desa Batu Kuning ada 40 rumah terendam. Selanjutnya di Kecamatan Semidang Aji, tepatnya di Desa Pengaringan ada 1 unit jembatan alami rusak berat.

Di Kecamatan Lubuk Batang, yakni di Desa Lubuk Batang Lama ada150 unit rumah. Kemudian Kecamatan Sosoh Buay Rayap, yakni Desa Rantau Kumpai ada 1 unit jembatan gantung rusak ringan dan sudah diperbaiki warga dan sudah bisa dilalui. Kemudian di Desa Negeri Sindang ada 1 unit rumah yang rusak ringan akibat sambaran petir.

"Sejauh ini BPBD OKU melakukan koordinasi dengan isntansi terkait. Juga sudah menurunkan personil dan peralatan kelokasi kejadian banjir untuk melakukan evakuasi terhadap warga," kata dia. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat