visitaaponce.com

Lima Tahanan Kabur Dari LPKA Batanghari Tertangkap

Lima Tahanan Kabur Dari LPKA Batanghari Tertangkap
Kapolda Jambi Irjen A. Rachmad Wibowo (tengah) saat meninjau LPKA IIB Muarabulian, Kabupaten Batanghari.(MI/Solmi)

TIM gabungan Polda Jambi, Selasa (16/11), menangkap lima dari 23 tahanan yang kabur dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) IIB Muarabulian, Kabupaten Batanghari Minggu (14/11) malam lalu.

Menurut Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto, empat orang tahanan kabur ditangkap di sekitar areal perkebunan di wilayah Kabupaten Batanghari. Sedangkan satu orang, setiba di rumah diserahkan kembali oleh keluarganya ke polisi. "Sisanya 18 orang lagi masih dikejar," kata Mulia.

Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen A. Rachmad Wibowo menegaskan, penyebab kaburnya 24 orang tahanan Polres Batanghari yang diditipkan ke sel LPKA Muarabulian, diduga akibat faktor kelalain anggota yang bertugas.

"Diduga ada kelalaian personel, dan sekarang sedang diperiksa oleh Div Propam. Kita akan berusaha mengejar kembali semua tahanan yang lari. Mohon juga bantuan informasi dari masyarakat," kata Rachmad Wibowo.

Berdasarkan informasi, 24 tahanan titipan Polres Batanghari kabur dari LPKA sekitar Minggu (14/11) malam. Para tahanan yang kabur sebagian besar tersangkut kasus narkoba.

Memanfaatkan kelalaian penjaga, seorang tahanan atas nama Ledi Azwar berhasil mencongkel terali jendela tahanan. Dia lalu mengatur siasat dengan tahanan lain agar melarikan diri bersama-sama.

Saat itu, salah satu tahanan memancing ada-tidaknya petugas dengan panggilan dari dalam sel. Karena tak ada jawaban petugas, Ledi kemudian keluar sel dan berhasil menemukan kunci pintu dua sel lainnya.

Sebanyak 24 tahanan dari tiga ruang sel akhirnya leluasa melarikan diri lewat pintu penjagaan bagian belakang. Kemudian mereka kabur dengan memanjat dinding LPKA setinggi empat meter dengan untaian kain sarung. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat