visitaaponce.com

Omikron Rambah Malang, Pemkot Malang Perkuat PPKM Mikro

Omikron Rambah Malang, Pemkot Malang Perkuat PPKM Mikro
Omikron(AFP)

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur, memperkuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal itu dilakuikan setelah temuan pasien omikron pertama di Kabupaten Malang.

Seorang ibu, warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, positif omikron. Pasien bersama dua anggota keluarganya kini menjalani isolasi dan pengobatan di Safe House Covid-19 Rusunawa Kepanjen. Pasien itu diduga tertular dari suami, warga Kota Malang, yang kerap bepergian ke luar kota sampai akhirnya ia pernah menderita covid-19.

"Fokus, tetap lakukan pemantauan dan kendali ditingkat mikro RT/RW secara berkelanjutan," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Senin (17/1).

Ia menjelaskan sudah meminta semua jajaran di lingkungan Pemkot Malang jangan terjebak pada status leveling. Sebab, leveling berpotensi membuat lengah ketika berstatus rendah.

"Sebagaimana yang sudah terlansir varian omikron sudah masuk Kabupaten Malang. Sehingga kewaspadaan perlu di tingkatkan, 3 T (tracing, testing  dan treatment) menjadi yang utama," katanya.

Selain itu, lanjut Sutiaji, vaksinasi booster agar sejalan dengan pengendalian di tingkat mikro.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa langsung melakukan koordinasi di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Minggu (16/1) sore. Khofifah menekankan tidak ada lockdown. Temuan kasus pertama omikron di Malang itu agar menjadi perhatian serius. Karena itu,  pemda jangan menutupi bila menemukan omikron di daerahnya.

Selanjutnya, warga diminta tidak panik. Protokol kesehatan menjadi kunci mencegah penularan. Dalam hal ini, pemerintah akan melaksanakan penanganan optimal. "Kewaspadaan melalui berbagai perencanaan strategis, isoter harus dihidupkan dengan kesiagaan tenaga kesehatan," ujar Khofifah.

Bupati Malang Mochamad Sanusi menyatakan pasien omikron hanya seorang. Sedangkan dua anggota keluarga yang kontak erat menderita covid-19 biasa. Hal itu diketahui sesuai hasil tes PCR ketiganya setelah temuan omikron pada Jumat (14/1). (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat