visitaaponce.com

Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Kalsel

Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Kalsel
Sampah kayu hanyut usai diterjang banjir bandang, Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kalsel beberapa waktu lalu.(MI/Denny S)

BENCANA hidrometeorologi masih mengancam Provinsi Kalimantan Selatan, seiring kondisi cuaca buruk dan kerusakan lingkungan di sebagian besar wilayah tersebut. Tercatat sepanjang 2022 terjadi 97 kali bencana yang didominasi banjir, angin kencang dan tanah longsor.

Data Pusat Pengendalian dan Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, mencatat hingga Maret 2022 telah terjadi 97 kali bencana. Bencana terjadi merata di sebagian besar wilayah dengan daerah paling banyak dilanda bencana yaitu Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Banjar.

Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat, Selasa (22/3), dalam laporan kebencanaannya menyebut bencana hidrometeorologi berupa banjir terjadi 36 kali, tanah longsor 16 kali, angin kencang 42 kali dan karhutla 9 kali. "Bencana hidrometeorologi masih menjadi ancaman di Kalsel," tuturnya.

Bencana menyebabkan 1 orang warga tewas dan 2 orang mengalami luka. Sebanyak 11.559 jiwa warga terdampak bencana. Sedikitnya 194 rumah rusak, 68 diantaranya rusak parah dan 98 rusak sedang.

Pada bagian lain, Kepala BPBD Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan, mengatakan bencana banjir di Kecamatan Martapura saat ini melanda tiga desa yaitu Tunggul Irang, Tunggul Irang Ulu dan Tunggul Irang Seberang. Banjir yang terjadi sejak Senin (21/3) di daerah dataran rendah tersebut disebabkan luapan Sungai Martapura, seiring tingginya curah hujan belakangan ini.

Ketinggian genangan air (calap) bekisar 30 cm hingga setengah meter. Meski aktivitas warga terganggu, namun hingga kini belum ada warga yang mengungsi dan masih tetap bertahan di rumah-rumah mereka. Sebelumnya banjir juga merendami wilayah di Desa Teluk Selong dan Teluk Selong Ulu di kecamatan yang sama.

Sementara BMKG Kalsel juga merilis peringatan dini ancaman bencana dan prediksi cuaca buruk berupa hujan deras disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Kalsel. (OL-13)

Baca Juga: Waspadai Kemacetan di Tol Japek Arah Jakarta Sepekan Ini

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat