visitaaponce.com

Jutaan Petasan Siap Ramaikan Takbiran Digagalkan Polresta Tasikmalaya

Jutaan Petasan Siap Ramaikan Takbiran Digagalkan Polresta Tasikmalaya
Petugas Polresta Tasikmalaya memperlihatkan petasan yang diamankan dari tiga gudang di Gang Lame, Kampung Babakan Selakaso, Kelurahan Cilemb(MI/Adi Kristiadi)

POLRES Tasikmalaya Kota telah menyita jutaan butir petasan ukuran kecil, sedang dan besar di dalam dua rumah berada di empat gudang yang direncanakan akan dijual untuk malam takbiran. Petasan tersebut, disimpan di Gang Lame, Kampung Babakan Selakaso, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

"Jutaan butir petasan secara bertahap diambil dari tiga kamar yang diubah sebagai gudang penyimpanan petasan telah diangkut dengan empat truk dalmas. Pemilik rumah mengakui petasan tersebut akan dijual pada malam takbiran yang dibelinya sebesar Rp200 juta," kata Kapolresta Tasikmalaya AKBP Azshari Kurniawan, Rabu (27/4).

Aszhari mengatakan, dari pengakuan pemiliknya, petasan tersebut dibeli dari Cirebon seharga Rp200 juta. Barang bukti jutaan petasan ini rencananya akan dimusnahkan dengan cara disiram menggunakan kendaraan damkar.

"Lokasi penyimpanan jutaan petasan itu dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga (IRT)  yang biasanya sebagai penjual buah-buahan. Jutaan petasan yang ditemukan tersebut akan dijual ke sejumlah daerah mulai dari Ciamis, Garut, Kota Banjar dan Pangandaran," ujarnya.

Menurut Kapolresta, dua bangunan rumah yang dijadikan gudang petasan ini berlokasi di gang sempit di kawasan padat penduduk sehingga jika terjadi ledakan sangat berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Ini bukan pabrik tetapi gudang penyimpanan petasan untuk memeriahkan malam takbiran. Alhamdulillah semua petasan sudah diamankan Polresta Tasikmalaya. Pemiliknya akan dijerat dengan UU bunga api tahun 1932 KUHP dengan ancaman hukuman tiga bulan penjara. Pemilik petasan tidak ditahan hanya diminta keterangan," paparnya.

Sebelumnya, Polres Tasikmalaya Kota gerebek dua tempat penyimpan petasan berukuran besar di dalam gudang berada di Gang Lame, Kampung Babakan Selakaso, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Selasa (26/4) pukul 12.20 WIB. (OL-13)

Baca Juga: Gudang Berisi Jutaan Petasan di Kota Tasikmalaya Digerebek Polisi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat