visitaaponce.com

Menhub Angka Kecelakaan saat Mudik Turun 40

Menhub: Angka Kecelakaan saat Mudik Turun 40%
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap angka kecelakaan pada masa mudik lebaran tahun ini menyusut 40% dari tahun sebelumnya. Jumlah korban meninggal dunia pun turun sampai 72% pada periode sekarang.

"Angka kecelakaan itu turun 40%. Bahkan, jumlah meninggal dunia turun 72%. Ini adalah angka yang sangat signifikan,"ujar Budi selepas mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/5).

Ia mengatakan capaian positif tersebut bisa terjadi karena dua hal, yaitu menurunnya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dan berkurangnya bus wisata yang disulap menjadi bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Baca juga: Kasus Pemerkosaan 3 Anak di Luwu Dihentikan, DPR Minta Mabes Polri Turun

"Pemerintah tentu berterima kasih kepada masyarakat. Kita terus mengeluarkan imbauan supaya tidak mudik dengan sepeda motor," tutur Budi.

Adapun, terkait bus wisata, ia mengatakan pihaknya, jauh sebelum pelaksanaan mudik, telah meminta kepolisian daerah dan dinas perhubungan daerah memeriksa armada-armada bus wisata yang kerap diubah menjadi angkutan mudik pada masa lebaran.

"Bus angkutan wisata itu adalah bus yang digunakan secara individual dan kadang-kadang tidak terlacak. Apakah sopirnya benar, itu tidak terlacak. Oleh kareana itu, kita minta polda dan dishub untuk melakukan law enforcement terhadap bus-bus wisata karena itu berbahaya," tandasnya.(Ant/OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat