visitaaponce.com

Alat Pendeteksi Gempa BMKG Palu Dicuri Lagi

Alat Pendeteksi Gempa BMKG Palu Dicuri Lagi
Ilustrasi(Medcom)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palu, Sulawesi Tengah, kembali kehilangan alat pendeteksi gempa yang dipasang di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Pencurian yang diduga dilakukan warga setempat itu sudah kali kedua.

Akibat hilangnnya alat pendeteksi itu, pihak BMKG terpaksa membawa ke kantor di Palu alat yang tersisa. Salah satu anggota BMKG Palu, Ahmad mengaku, mereka terpaksa membawa sisa alat pendeteksi karena takut peralatan lainnya yang tersisa itu kembali dicuri. "Biar lebih aman saja, makanya alat yang tersisa kami bawa ke kantor di Palu," terangnya, Kamis (26/5).  

Menurut Ahmad, hilangnya beberapa perangkat deteksi gempa di stasiun mini Pombewe itu, diketahui saat alat yang ada di kantor BMKG Palu tidak lagi berfungsi atau tidak terkoneksi dengan stasiun mini di Desa Pombewe.

"Karena tidak konek makanya dicek. Ternyata beberapa peralatan hilang. Diperkirakan hilangnya sejumlah alat itu satu bulan lalu," ungkapnya.  

Ahmad menjelaskan, bahwa alat yang hilang di antaranya, solar sel danbeberapa perangkat lainnya.

Hilangnya alat pendeteksi gempa di stasium mini Pombewe sudah kedua kalinya. Di mana pada 2019 lalu pertama kali kejadian dan pelakunya saat itu sudah ditemukan.

"Dengan kejadian ini, belum ada dari pihak BMKG untuk melakukan pemasangan alat baru, karena khawatir akan hilang lagi. Dan bisa jadi bila gempa terjadi di wilayah Sigi akan tidak terdeteksi seluruhya," paparnya.  

Terkait pencurian itu, Ahmad menambahkan, bahwa BMKG Palu sudah melaporkan Polsek Biromaru. "Laporan sudah masuk dan kami tinggal menunggu hasil penyelidikan polisi," tandasnya.

Pascahilangnya alat pendeteksi gempa di stasiun mini Pombewe, menyisahkan dua stasiun mini yang bisa mendeteksi gempa di Palu. Stasiun tersisa itu yakni stasiun mini Labuan di Donggala dan Baluase di Sigi. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat