visitaaponce.com

Diterjang Pergeseran Tanah, Warga Kampung Cihaur Pojok Diimbau Mengungsi

Diterjang Pergeseran Tanah, Warga Kampung Cihaur Pojok Diimbau Mengungsi
Warga berjalan melintasi rumah yang rusak akibat pergerakan tanah di Desa Cilangkap, Lebak, Banten, Sabtu (11/6/2022).(Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.)

WARGA Kampung Cihaur Pojok RT 04/09 Desa Kanoman Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diimbau sementara waktu mengungsi ke tempat lebih aman. Imbauan itu sebagai upaya antisipasi pascapergeseran tanah dan banjir luapan sungai yang menerjang kampung tersebut, Rabu (6/7).

Berdasarkan informasi, pergeseran tanah di wilayah itu terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Kejadiannya diawali hujan deras yang memicu retakan tanah. "Dari retakan tanah itu kemudian terjadi pergeseran atau longsor," kata Pelaksana Harian (Plh) Camat Cibeber, Dadan Asikin, Kamis (7/7).

Tanah longsor diikuti juga meluapnya aliran sungai akibat debit air yang tinggi. Dampaknya, air dari aliran sungai menggenangi areal persawahan dan rumah penduduk. "Terdapat juga dua rumah yang terdampak pergeseran tanah," jelas Dadan.

Pendataan atau asesmen masih bersifat sementara. Menurut Dadan, belum bisa dihitung taksiran kerugian.

"Sementara ini nilai kerugian belum bisa ditaksir. Namun ada dua rumah yang terdampak pergeseran tanah serta lebih kurang 1 hektare lahan sawah yang tertimbun tanah longsor serta terendam luapan air," terangnya.

Baca juga: Tim Sleman Temukan Belasan Rumah Makan Gunakan LPG 3 Kg

Dadan mengaku sudah melaporkan kejadian itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah, termasuk Bupati Cianjur. Saat ini warga bergotong royong membantu rumah warga yang terdampak bencana.

"Dikhawatirkan terjadi pergeseran atau tanah longsor susulan, kami mengimbau warga sementara waktu mengungsi ke tempat lebih aman, termasuk menyelamatkan barang-barang berharga di rumah yang sekiranya bisa diamankan," ucapnya. Saat ini warga bersama unsur pemerintahan desa, kecamatan, dan elemen lain bersiaga di sekitar lokasi kejadian. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat