visitaaponce.com

Ciamis Dilanda Pergerakan Tanah

Ciamis Dilanda Pergerakan Tanah
Petugas memeriksa sebuah rumah warga di Kabupaten Ciamis yang mengalami keretakan akibat pergerakan tanah(DOK/BPBD CIAMIS)

PERGERAKAN tanah terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis. Di antaranya di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti; Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih; Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng dan Dusun Pamekaran, Desa Payunggunung, Kecamatan Panumbangan.

Bencana itu meyebabkan 38 kepala keluarga atau 137 jiwa harus mengungsi. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengatakan, intensitas hujan yng tinggi  di Ciamis telah menyebabkan pergerakan tanah. Empat kecamatan terdampak, yani Cihaurbeti, Panumbangan, Sindangkasih dan Cikoneng.

"Selain intensitas hujan yang tinggi, gempa bumi yang berpusat di Garut juga diduga mempengaruhi pergerakan tanah. Kerusakan rumah terjadi mulai dari retak di lantai, dinding dan tanah belah," katanya, Minggu (5/5).

Sejumlah warga yang mengungsi, saat ini menempati musala atau pindah ke rumah saudara. "Di Dusun Sukamaju, Desa Sukamaju, pergerakan tanah terjadi Kamis (25/4) pukul 20.30 WIB malam. Belasan keluarga terpaksa mengungsi karena dinding, lantai, dan halaman rumah mereka terdampak. Jalan kampung juga mengalami retakan," ujarnya.

Pergerakan tanah juga mengancam rumah warga di Dusun Cikujang Hilir. "Warga di Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih dan  Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan karena ada beberapa lokasi yang terancam pergerakan tanah," tandas Ani.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat