visitaaponce.com

Sejumlah Wilayah Di Indramayu Mulai Panen Padi

Sejumlah Wilayah Di Indramayu Mulai Panen Padi
Ilustrasi(ANTARA)

SEJUMLAH areal tanaman padi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mulai panen. Produktivitas gabah di musim gadu ini meningkat.

"Lahan yang sudah panen tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Gantar, Haurgeulis dan Kroya," jelas Wakil Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang, Rabu (20/7).

Selain itu ada pula beberapa kecamatan yang baru mulai panen yaitu di Kecamatan Terisi dan Sindang. "Produktivitas panen gadu pertama tahun ini cukup bagus," tutur Sutatang.

Produktivitas gabah kering panen rata-rata 7,8 ton per hektare padahal sebelumnya hanya 7,6 ton per hektare. Penyebabnya kemungkinan  karena pasokan air memadai. "Saat panen saja maasih ada hujan," tutur  Sutatang.

Selain itu serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) juga minim di musim gadu pertama ini. Puncak panen diperkirakan terjadi akhir Agustus hingga awal September mendatang.

Namun saat ditanyakan kemungkinan tanam di gadu kedua, Sutatang menjelaskan ada petani yang antusias untuk melakukan tanam gadu kedua. Terutama petani di Indramayu timur yang meliputi Cikedung, Jatibarang hingga Balongan. "Terutama karena saat ini kondisi cuaca mendukung untuk tanam gadu kedua,"tuturnya.

Hanya saja berdasarkan pengalaman, petani yang melakukan tanam di gadu kedua tidak ada yang berhasil. "Kita lihat nanti, daerah mana saja yang akan melakukan tanam di gadu kedua," tutur Sutatang. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat