visitaaponce.com

Bangka Barat Di Kepung Titik Panas

Bangka Barat Di Kepung Titik Panas
Ilustrasi(DOK MI)

TITK panas (hotspot) yang diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bangka Belitung (Babel) kembali bertebaran. Kamis (18/8), titik panas yang terpantau satelit mengepung wilayah Kabupaten Bangka Barat (Babar).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan, ada 35 titik panas tersebar di 6  kabupaten di Banel. Keenam kabupaten itu. Bangka, Bangka Barat (Babar), Bangka Selatan  (Basel), Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur. "Bangka 4 titik, Bangka Tengah dan Belitung masing-masing 1 titik
sedangkan untuk Belitung Timur 2 titik,"ujarnya.

Ia menyebukan titik panas terbanyak ada di Bangka Barat 17 dan untuk  Bangka Selatan 11 titik. "Untuk Babar titik panas terbanyak 17. Jadi mereka dikepung titik panas kemudian Basel juga,"ungkapnya.

Tingkat akurasi titik panas tersebut diakui Mikron diangkat delapan dengan status warna kuning. "Kalau melihat angka dan statusnya sudag mengarah karhutla. Tapi untuk memastikan tim di masing-masing Kabupaten akan cek lokasi," imbuh dia.

Ia menambahkan kondisi cuaca di Babel saat ini cerah dengan panas yang  luar biasa disertai angin kencang.

Kondisi cuaca demikian menurut dia sangat berpotensi terjadinya karhutla terlebih saat masyarakat seroboh buang putung rokok ada bara sembarangan dan membuka lahan atau bakar sampah sembarangan. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat