visitaaponce.com

800 Peserta Meriahkan Festival Layang-Layang di Sanur

800 Peserta Meriahkan Festival Layang-Layang di Sanur
Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana membuka Festival Layang-Layang di Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Sabtu (3/9).(MI/RUTA S)

SEBANYAK 800 peserta memeriahkan ajang festival layang-layang yang bertajuk 'Sabha Yowana Intaran Traditional Kite Festival' di Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Sabtu (3/9).

Peserta kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini masih berpeluang bertambah banyak karena di hari terakhir Minggu (4/9) besok masih dibuka pendaftaran.

"Sampai hari kedua, Sabtu total peserta yang mendaftar telah mencapai 800 lebih, dengan rincian pada hari pertama sebanyak 373
peserta, dan di hari kedua 199 peserta dan untuk lomba hari ketiga sebanyak 219 peserta. Pendaftaran masih kami buka hingga hari terakhir
Minggu, 4 September 2022," ujar Ketua Sabha Yowana Intaran, Esa Wira Aditya, di Sanur, Sabtu.

Melalui festival ini, pihaknya ingin terus menggaungkan semangat mempertahankan warisan budaya leluhur sebagai identitas.


Baca juga: 5 Kabupaten Awali Pembangunan Kawasan Pertanian Terpadu di Sumut


"Walau kami sebagai generasi muda yang hidup dikelilingi modernisasi namun kami tetap menjaga nilai-nilai tradisional ini dan semoga festival ini dapat kami gelar terus secara berkelanjutan," harapnya.

Dalam festival yang pertama digelar dan mengusung tema Ayuning Bawana atau Bermain Layangan Mencari Ketenangan di Dunia ini melombakan berbagai jenis layang-layang tradisional.

"Jenis layang-layangnya seperti bebean, bebean khas Sanur, dan janggan yang terbagi dalam kategori remaja, dewasa, big size, dan kreasi," katanya.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, mengapresiasi kegiatan positif ini karena selain sebagai pendidikan budaya bagi generasi muda juga sebagai kontribusi promosi pariwisata Kota Denpasar.

"Ke depan festival semacam ini harus berkelanjutan dan ditingkatkan kualitasnya agar kemajuan budaya dan pembinaan kesenian yang memiliki nilai budaya kearifan lokal dapat terus lestari," ujar Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, saat membacakan sambutan Wali Kota. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat