visitaaponce.com

Akses Jalan Utama ke Binangun Terputus akibat Longsor

Akses Jalan Utama ke Binangun Terputus akibat Longsor
Akses jalan utama ke Desa Binangun, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terputus akibat tanah longsor, Selasa (13/9).(MI/TOSIANI/DOK.BPBD)

AKSES jalan utama ke Desa Binangun, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dan sekitarnya terputus akibat bencana tanah longsor, Selasa (13/9). Sebagai alternatif, jalur ke daerah tersebut kini diarahkan melalui jalur Kecamatan Mojotengan-Kalibeber kemudian ke arah Deroduwur.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono, mengatakan, tanah longsor terjadi pada Selasa (13/9) pukul 11.00 WIB.

"Kejadian longsor terjadi pada badan jalan yang merupakan jalan utama kabupaten," kata Bambang saat dimintai konfirmasi di Wonosobo, Selasa.

Ia menjelaskan, sebelum kejadian, hujan deras turun selama berhari-hari. Hal itu mengakibatkan jalan utama Wonosobo ke Binangun di Kecamatan Watumalang longsor.


Baca juga: Alami Sesak Napas, Seorang Pendaki Gunung Bawakaraeng Meninggal


Karenanya, akses mobil roda empat ke atas tidak bisa lewat. Akses jalan tersebut hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dan pejalan kaki saja.

"Kami sudah melakukan kajian mengenai tanah longsor ini. Tidak ada korban jiwa. Hanya akses jalan yang terputus," katanya.

Sebagai penanganan awal, lanjut dia, telah dilakukan pemasangan BPBD line dan menutup akses jalan dari arah Watumalang dan dari arah Binangun.

Kemudian, pihaknya juga melakukan penembelan di selokan yang  berlubang, sehingga air tidak masuk ke tanah dekat lokasi longsor. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat