visitaaponce.com

Promosi Pasar Tani di Simalungun Picu Semangat Para Petani Berproduksi

Promosi Pasar Tani di Simalungun Picu Semangat Para Petani Berproduksi
Pemkab Simalungun bekerjasama dengan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) menggelar ajang Promosi Pasar Tani selama tiga hari, Rabu (19/10/2(MI/Apul Iskandar)

UNTUK mempromosikan hasil pertanian yang menjadi unggulan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bekerjasama dengan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) menggelar ajang Promosi Pasar Tani.

Perhelatan ini digelar selama tiga hari, dimulai hari ini, Rabu tanggal 19 hingga 21 Oktober 2022, di Stadion Mini Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara

Ketua Panitia ajang Promosi Pasar Tani Ramadhani Purba menyebutakan tujuan dilaksanakannya perhelatan ini untuk mengembangkan pertanian di Kabupaten Simalungun. Sekaligus, untuk meningkatkan motivasi, kegairahan dan kemandirian petani maupun masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang menguntungkan.

Di samping itu juga untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang potensi yang terdapat di kecamatan serta mempertemukan langsung petani dengan para pembeli.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, menyambut dan sangat mengapresiasi ajang Promosi Pasar Tani yang digelar. Dia berharap ajang yang digelar tidak hanya sebatas serimonial saja, tetapi harus diwujudnyatakan dengan berbagai aksi agar bagaimana produksi pertanian Kabupaten Simalungun dapat meningkat dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

"Itu yang paling penting," kata Radiapoh.

Dia menjelaskan adapun mata pencarian masyarkat Simalungun 70% adalah sebagai petani. "Tentu ini menjadi tangan dan PR bagi kita. Sumatera Utara mengakui kehebatan masyarakat Simalungun dalam hal tata kelola budi daya tanaman holtikultura dan tanaman lainnya,"ujarnya.

Namun, kata dia yang menjadi persoalan adalah hilirisasinya, pemasaran produksi pertanian Simalungun. "Kami tidak akan jenuh untuk terus mencari investor yang mau berinvestasi di Simalungun ini, khususnya sektor pemasaran/hilirisasi," tekad Radiapoh.

Ke depan, lokasi Promosi Pasar Tani direncanakan akan dibangun sebagai pusat pasar induk di Kabupaten Simalungun yang dilengkapi dengan pasar modern, tata niaga pemasaran, dan fasilitas pendukung lainnya.

"Kami mengharapkan dukungan semua stakeholder yang ada di Simalungun. Dan saya mau nantinya pedagang di pasar induk ini adalah warga Simalungun, namun pembelinya silahkan dari mana saja," tandasnya. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat