visitaaponce.com

Longsor Terjang Banjarnegara, Satu Meninggal Dua Luka Serius

Longsor Terjang Banjarnegara, Satu Meninggal Dua Luka Serius
Seorang relawan melintasi tanggul darurat yang dipasang di lokasi longsor tanggul irigasi di Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara, Jateng,(dok.ant)

HUJAN deras yang terjadi hampir 6 jam di Banjarnegara,  Jawa Tengah (Jateng) mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor di Desa Sawangan, Kecamatan Punggelan pada Rabu (19/10) petang.  Satu orang meninggal dan dua lainnya mengalami luka serius dalam peristiwa tersebut.

Korban meninggal adalah Mistem, 55, warga desa setempat. Korban berhasil dievakuasi pada Rabu tengah malam sekitar jam 23.15 WIB dalam kondisi tidak bernyawa. Korban tertimbun bersama material longsoran yang menerjang rumahnya.

Sementara dua korban luka-luka adalah Trimo Budi Utomo, 65, yang mengalami luka pada bagian kepala. Lalu korban lain adalah Samini, 75, yang juga mengalami luka cukup serius pada bagian kepalanya.

Menurut Kepala BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto bencana tersebut dipicu adanya hujan deras yang mengguyur lebih dari 6 jam.

Longsor terjadi di Dusun Guruh, Desa Sawangan, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara pada Rabu (19/10/2022) petang. Bencana tersebut dipicu adanya hujan deras yang mengguyur lebih dari 6 jam.

Sehingga mengakibatkan tebing dengan lebar 100 meter dan tinggi 50 meter mengalami longsor. Sejumlah rumah di Dusun Guruh, Desa Sawangan diterjang longsor hingga rumah rusak berat dan rusak sedang.

Tim BPBD bersama para relawan datang ke lokasi. "Kami mengerahkan relawan untuk membantu evakuasi serta mengerahkan alat berat. Sehingga dengan menggunakan alat berat dapat mempercepat evakuasi korban yang tertimbun," ujarnya

Dia mengimbau kepada masyarakat Banjarnegara khususnya di wilayah rawan bencana baik longsor, tanah bergerak atau banjir. "Sebab, curah hujan masih tinggi, sehingga perlu meningkatkan kesiapsiagaan," kata dia.(OL-13)

Baca Juga: Bencana Hidrometeorologi Kembali Melanda Wilayah Pantura Jateng

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat